Menu

Minum Kopi Bisa Bikin Kita Enggak Subur? Ini Penjelasannya

21 Januari 2021 16:30 WIB

Secangkir kopi. (Pixabay/Anja)

HerStory, Purwokerto —

Sebagai pasangan muda, biasanya kita menerima banyak nasihat ya Moms. Ada yang menyuruh kita untuk makan tauge dan kecambah, ada juga yang melarang makanan tertentu seperti kopi. Memang makanan tertentu bisa memengaruhi kesuburan kita. Seperti misalnya tauge emang terbukti baik untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita. Tapi, benar enggak sih kopi yang punya kandungan kafein tinggi bisa mengurangi kesuburan? 

Dilansir dari berbagai sumber (21/01/2021), dokter spesialis kandungan asa Kanada Jeffrey Roberts mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada bukti tentang kafein dapat memengaruhi kesuburan wanita. Tapi, ibu hamil tetap enggak disarankan untuk meminum kopi. Kafein yang ada dalam kopi dapat membuat bayi lahir dengan berat badan rendah dan mengurangi aliran darah melalui plasenta selama kehamilan.

Namun, salah satu penelitian di Eropa pernah mencatat bahwa wanita yang minum lebih dari 5 cangkir kopi sehari butuh waktu lebih lama untuk hamil. Tapi, masih banyak faktor lainnya yang mendukung kehamilan. Salah satu faktor yang menghambat kehamilan adalah stres. Biasanya wanita yang stres akan cenderung melampiaskannya ke berbagai hal, termasuk minum kopi berlebihan. Akibatnya, mereka jadi ketergantungan dan jika berhenti akan mengakibatkan stres juga. 

Nah kalau Moms masih ingin mengonsumsi kafein, minumlah dalam batas wajar ya Moms. Berdasarkan penelitian, minum 1-2 cangkir kopi atau sekitar 200-300 miligram kafein dalam sehari masih aman dikonsumsi ibu hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Karena itu, Moms harus teliti ya setiap kali ingin mengonsumsi kafein. Selain itu, yang perlu diingat adalah kita harus tahu bahwa kafein enggak cuma di kopi aja, tapi juga teh, coklat, dan soda.