Menu

Kolesterol Kambuh Ganggu Aktivitas Harianmu? Ini Daftar Makanan Ampuh untuk Meredamnya, Wajib Banget Ada di Rumah Nih Moms!

09 Juni 2023 16:41 WIB

Ilustrasi penyakit kolesterol (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Apakah kamu memiliki kolesterol tinggi Moms? Gejala kolesterol tinggi bisa saja naik kapan saja kalau penderitnya tidak mengontrol porsi makan yang mengandung lemak, seperti opor, daging merah, hingga makanan manis.

Karenanya, jika kamu sudah didiagnosa mengidap penyakit ini, wajib untuk selalu memperhatikan asupan makanan sehat dan bergizi. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu pilih untuk meredam kolesterol tinggi saat kambuh. Apa saja?

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab, serat pada oatmeal membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah.

2. Kacang-kacangan

Sama seperti oatmeal, kacang mengandung serat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi sebagai penurun kolesterol adalah kacang merah, kacang panjang, kacang almond, dan kacang kedelai.

3. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3 yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik Moms. Selain ikan salmon, ada juha ikan tuna, sarden, atau makarel.

4. Teh hijau

Teh hijau dipercaya mampu membilas timbunan lemak dalam tubuh. Teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 2 - 5 persen dan mengandung rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kolesterol tinggi jarang menimbulkan gejala atau tanda-tandanya, sehingga kamu perlu rutin memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan alat pengukur gula darah dan kolesterol.

Itulah beberapa makanan yang ampuh mengendalikan kolesterol tinggi saat kambuh. Nah, dari empat makanan tersebut wajib banget ada di rumah nih Moms.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari