Menu

Tertunduk Lesu, Pakar Ekspresi Bongkar Makna Gestur Rebecca Klopper saat Minta Maaf, Ketakutan?

09 Juni 2023 20:15 WIB

Rebecca Klopper dan Fadly Faisal (YouTube/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Lama bungkam, Rebecca Klopper akhirnya muncul ke hadapan publik menyampaikan permintaan maaf atas pemberitaan dirinya terkait tudingan video syur mirip dirinya.

Permintaan maaf Rebecca Klopper pun sontak menyedot perhatian banyak pihak, salah satunya pakar mikro ekspresi yang mencoba menjelaskan makna di balik gestur pacar Fadly Faisal selama meminta maaf.

Dalam permintaan maafnya, artis yang akrab disapa Becca ini tidak mengiyakan atau menyanggah video syur mirip dirinya. Dia hanya meminta maaf atas kegaduhan pemberitaan tentang dirinya.

"Assalamualaikum wr wb. Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan pemberitaan tentang saya, Rebecca Klopper. Pada kesempatan ini, saya Rebecca Klopper meminta maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia atas kegaduhan tersebut. Dalam hal ini, saya ingin memohon maaf juga kepada keluarga saya, rekan kerja, dan klien-klien yang sudah bekerja sama dengan saya, termasuk Fadly Faisal dan keluarga yang menjadi korban atas pemberitaan tersebut," katanya sambil terus menunduk.

"Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan keluarga, manajemen, klien, dan fans yang tetap memberi saya semangat. Saya mohon doa dari semua pihak agar saya diberikan kekuatan dalam menghadapi permasalahan yang saya hadapi. Demikian, terima kasih," lanjutnya.

Menurut pakar mikro ekspresi, gadis 21 tahun itu cari aman dengan menunduk karena menghindari khalayak yang menyorotinya.

"Posisi dia adalah cari aman karena dia menghindari paparan visual, jadi dia nunduk," jelas Kirdi Putra.

Lebih lanjut posisi menunduk Rebecca lebih dari sekadar membaca teks. Karena bagi Kirdi bisa saja membaca namun tetap sesekali menatap ke kamera. Namun yang terjadi pada Becca dia sepenuhnya menunduk.

"Buat saya itu gesture untuk menghindari paparan visual. Yang artinya bisa jadi dia takut atau agar tidak menangis kalau melihat sekitar," lanjutnya.

Dari cara membaca Becca, dinilai kalau itu tanda ia tegang dan belum berani menatap sekitar.

Sementara itu, ada juga psikolog Joice Manurung yang mengartikan gesture Rebecca Klopper seperti takut bahkan terancam. Ini karena Becca terus menunduk bahkan matanya juga terus menatap ke arah bawah.

"Biasanya gesture ini merupakan signal kalau sekitarnya itu terancam. Dia merasa ada yang membahayakan," katanya.

Psikolog ini kemudian memberikan contoh soal Rebecca yang tidak mudah untuk bisa muncul di harapan publik dan bertemu media setelah kasus yang menimpanya.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya