Menu

Komentari Eating Disorder dan Depresi Ilene INTM, Luna Maya dan Deddy Corbuzier Dikecam!

23 Maret 2021 09:00 WIB

Ilene Danella Indonesian Next Top Model dan Deddy Corbuzier. (Instagram/intm_nettv dan Instagram/mastercorbuzier, Edited by Herstory)

HerStory, Tangerang —

Masalah kesehatan eating disorder memang belum familiar di telinga sebagian besar orang Indonesia, tetapi masalah ini adalah masalah yang sering dialami, khususnya oleh wanita.

Adanya ekspektasi mengenai bentuk tubuh dan berat badan membuat wanita mengalami banyak kesulitan. Ada yang berusaha untuk diet ketat, ada juga yang sampai mengidap eating disorder. 

Eating disorder atau gangguan makan tentunya beragam. Pada episode Indonesian Next Top Model terbaru, salah satu model bernama Ilene Danella mengaku mengidap eating disorder dan depresi. 

Menanggapi hal ini, Deddy Corbuzier menanggapi dengan kurang sensitif.

"Saya penasaran deh dengan teman teman di sini (Indonesian Next Top Model) apalagi kamu, Ilene. Kamu itu cantik, kamu itu model, seksi iya, cantik iya, kalau kamu depresi, kamu itu menghina tukang martabak yang jualan di depan rumah saya!" ujar Deddy.

Ilene pun menjelaskan lebih jauh mengenai kesulitannya dalam bertarung melawan eating disorder yang ia idap.

"Bukan soal itu sih, at first (awalnya), aku juga enggak paham kalau itu penyakit mental. Aku itu enggak sadar, (yang aku lakuin) itu masuknya eating disorder," tutur Ilene. 

"Jadi kamu muntahin (makanan)?" tanya Luna Maya. 

"Enggak. Pernah dua kali sih. Yang pertama jadi pengen makan terus. Yang kedua jadi enggak mau makan apa apa. Tapi, enggak sampe muntahin sesuatu. Kayak jadinya hampir setiap hari," jelas Irene. 

"Saya suka banget makan, jadinya saya (mengidap) eating disorder kali ya?" celetuk Luna Maya.

"Jadi tiap hari aku tuh minumin *** saking takutnya naik timbangan karena itu terjadi waktu aku masuk dunia modelling (tahun) 2015. Kayak di modelling industry tuh aku dipaksa banget buat turunin berat badan sedangkan aku masih muda, baru beres SMA dan itu ternyata pressure buat aku karena aku udah nyoba segala diet itu aku enggak bisa (turunin berat badan)," ungkap Ilene.

"Terus jadinya stress dan aku, itu aku enggak sadar kalau aku stress. Jadi aku cobain segala diet tapi aku gagal, alhasil aku malah, karena stress itu, timbangan aku malah makin naik, dan aku makin dapet banyak bullying sama bodyshaming di dunia modelling," lanjutnya.

Menanggapi hal ini, Deddy justru beranggapan bahwa itu bukan lah bodyshaming melainkan hanya tuntutan profesi.

"Memang ketika menentukan sebuah profesi, tuntutannya seperti itu. Jadi saya enggak merasa itu sebagai bodyshaming," tegas Deddy.

"Mungkin aku aja kurang kuat pada waktu itu," ujar Ilene sambil tersenyum.

Karena kasus ini, nama Ilene dan INTM pun trending di Twitter. 

Artikel Pilihan