Menu

Waspada! Penelitian Sebut Virus Corona Mudah Menyebar di Transportasi Umum

28 Mei 2020 18:00 WIB

Sejumlah penumpang menaiki Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line menuju Jakarta di stasiun Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/aww)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat menggunakan transportasi umum di masa pandemi seperti ini kamu harus waspada akan ancaman virus corona ya! Pasalnya ada sebuah penelitian baru yang mengungkapkan bahwa virus corona mudah sekali menyebar di transportasi umum.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari Universitas Oregon, Amerika Serikat. Penelitian menggunakan simulasi tiga dimensi (3D) telah mengungkapkan betapa mudahnya virus corona menyebar di ruang terbatas, seperti transportasi umum, restoran dan kantor.

Baca Juga: Dokter Deteksi Virus Corona Ada di Feses, Penularannya Lewat Kentut?

Baca Juga: Apakah Pemeriksaan Suhu Tubuh Efektif dalam Menghentikan Penyebaran COVID-19?

Baca Juga: Lebih Efektif Mana Sih untuk Cegah Penularan Corona, Masker Kain atau Face Shield?

Para ilmuwan mengatakan bahwa menjaga jarak sangat penting dilakukan, terlebih saat berada di ruang terbatas untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

"Jika kamu sedang bernafas dan berbicara, tetesan droplets enggak akan terbang jauh, tetapi tetesan droplets dapat memapari orang yang duduk di depanmu atau seseorang yang mengobrol denganmu," kata ahli pernapasan di Universitas Leicester, Dr. Julian Tang kepada BBC.

Dr Kevin Van Den Wymelenberg dari University of Oregon memperingati masyarakat agar lebih waspada karena virus corona bisa terbang jauh daripada yang disadari banyak orang. Namun, hal ini bisa dihindari dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan, hindari menyentuh wajah, menggunakan masker, serta menjaga jarak.

Artikel Pilihan