Menu

Waspada! Ini Tanda Kamu Memiliki Crab Mentality, Salah Satunya Suka Iri Melihat Orang Lain Sukses!

29 Mei 2020 19:25 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang sakit. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apa kamu pernah merasakan tidak senang ketika melihat orang lain sukses terlebih dahulu? Atau apa kamu pernah melihat kepiting di dalam baskom? Ketika ada salah satu kepiting yang berusaha untuk keluar, kepiting lain yang masih berada di dalam akan berusaha untuk menariknya kembali. Dari hal itu, muncul sebutan crab mentality, yaitu perasaan tidak suka atau iri saat ada orang lain memiliki pencapaian lebih baik.

Kamu mungkin pernah bertemu dengan orang yang memiliki crab mentality di hidupmu. Atau bahkan kamu yang mengalamai sendiri Baik itu di dunia nyata, maupun dunia maya melalui berbagai komentar di media sosial. Penasaran apa saja tandanya? Tenang ya, Beauty. HerStory telah merangkumnya dilansir dari berbagi sumber, Jum'at (29/5/2020). Yuk, simak tanda-tanda kamu memiliki crab mentality.

Baca Juga: Sering Alami Kecemasan di Tengah Pandemi Ini? Coba Konsumsi Daging, Dijamin Ampuh Tingkatkan Kesehatan Mentalmu!

Enggan Melakukan Kerja Sama

Ketika berada dalam kelompok, mereka ingin bekerja sendiri dan tidak memberikan bagian kepada orang lain. Walaupun satu kelompok, mereka melihat orang lain adalah kompetitor, bukan teman yang bisa membantunya mencapai tujuan bersama.

Merasa Terlalu Percaya Diri dan Paling Baik

Memiliki rasa percaya diri merupakan hal yang baik. Percaya diri bisa membuatmu meraih berbagai hal dalam hidup karena kamu yakin dengan dirimu sendiri. Tapi, kalau kamu sudah merasa menjadi yang paling baik dan yang lain tidak sebaik dirimu, sepertinya kamu harus waspada dan mulai mengubah pola pikirmu.

Lebih Suka Membicarakan Kesalahan Orang Lain daripada Mencari Solusi

Ketika ada orang lain melakukan kesalahan atau sedang menghadapi masalah, mereka sangat senang membicarakannya dengan orang-orang sekitarmu. Padahal, mereka bisa membicarakan solusi apa yang mungkin berhasil untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang dia hadapi.

Baca Juga: Jarang Sosialisasi? Hati-hati, Stres Hingga Depresi Bisa Mengintai Kesehatan Mentalmu!

Tidak Mau Mengakui Kesalahan

Seseorang yang memiliki crab mentality tidak mau mengaku jika mereka melakukan kesalahan. Mereka cenderung menyalahkan orang lain karena kegagalannya. Mereka takut untuk mengakui jika mereka tidak sebaik yang mereka pikirkan.

Senang Menyalahkan Orang Lain

Setiap orang wajar melakukan kesalahan, baik itu kesalahan sederhana maupun yang cukup fatal. Mereka bisa memilih untuk menasihati agar menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kesalahannya. Tapi, seseorang yang memiliki crab mentality lebih memilih untuk menyalahkan dan membuat orang itu merasa gagal.

Share Artikel:

Oleh: Ira Nur Aini

Artikel Pilihan