Menu

Tips Atasi konflik dengan Rekan Kerja, Auto Kompak Deh!

01 Desember 2021 11:25 WIB

Two women talking on the table (Intheblack/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Perbedaan pendapat tentu bisa jadi suatu konflik dalam lingkungan kerja. Karena setiap orang mempunyai karakter dan wataknya masing-masing. Lebih baik, kalau kamu punya masalah dengan rekan kerja langsung diselesaikan dengan baik-baik ya Beauty, hal itu demi kenyamanan kerjamu juga lho.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui hal apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menghadapi perbedaan tersebut. Nah, ini dia empat cara bijak mengatasi konflik dengan rekan kerja agar hubungan pekerjaan bisa kembali seperti semula.

1. Cobalah untuk bersikap terbuka

Dengan kamu bisa bersikap terbuka, maka membuat lingkungan kerja dapat lebih nyaman dan damai. Sebab, lebih memilih untuk berdiskusi bersama rekan kerja yang sedang berkonflik denganmu.

Kalau ada hal yang sekiranya memberatkanmu, maka jangan ada keraguan untuk bersikap jujur dengan perasaanmu, ya. Biar konflik di antara kalian bisa selesai dengan baik tanpa ada yang ditutup-tutupi. Namun, tetap berikan penjelasan kepadanya secara sopan dan tegas.

2. Hindari bertengkar karena masalah pribadi

Gak bisa dipungkiri bahwa terjadi konflik secara personal memang dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bagaimanapun juga, turunkanlah ego dan emosimu agar tetap menghindari hal tersebut demi bersikap profesional.

Maka dari itu, kamu pun harus bisa membedakan antara permasalahan pribadi dan pekerjaan. Kalaupun terjadi pergesekan pertengkaran dengan rekan kerja, maka gunakanlah sudut pandang sebagai sosok yang profesional. Hal ini sangatlah penting untuk menyikapi kondisi yang ada secara tepat.

3. Selesaikan masalah secara mandiri

Kalau sudah terjadi konflik dengan rekan kerja, maka tak perlu harus menunggu atasan untuk mencarikan solusi di antara kalian. Hal ini bertujuan untuk menghindari ketergantungan dengan atasanmu.

Bagaimanapun juga, belum tentu solusi dari atasanmu bisa menyelesaikan masalah kalian, bisa jadi justru malah memperburuk keadaan. Maka dari itu, harus ada kemandirian diantaran kalian untuk dapat berdiskusi agar memperoleh hasil damai.

4. Jangan membuat masalah

Konflik terjadi pasti ada penyebabnya, belum tentu pemicunya karena rekan kerja. Maka dari itu, harus ada sikap intropeksi pada dirimu sendiri. Sebab, bisa saja justru kamulah yang menjadi sumber masalahnya.

Jangan sampai tingkah lakumu malah membuat orang-orang di tempat kerjamu merasa terintimidasi, ya Beauty. Kalau hal tersebut memang disebabkan olehmu, maka jangan sampai merasa menyalahkan diri sendiri dan memilih untuk resign bekerja. Cobalah untuk menenangkan diri dan menurunkan egomu untuk memperoleh solusi yang terbaik.

Kalau kamu memang kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan rekan kerjamu, maka kamu bisa terapkan 4 cara di atas, ya. Selain itu, kamu bisa meminta saran dari orang-orang yang bijaksana tentang hal ini biar masalahmu bisa cepat terselesaikan.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.