Menu

Mitos atau Fakta: Benarkah Buah Nanas Bisa Menggugurkan Janin dalam Kandungan?

08 Desember 2021 16:05 WIB

Buah Nanas. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Ada banyak mitos yang beredar saat hamil yang moms dengar, salah satunya adalah bahaya mengonsumsi nanas. Mitos yang tersebar di masyarakat, buah nanas apalagi jenis nanas yang masih muda bisa memicu keguguran atau persalinan dini. Alhasil tidak sedikit ibu hamil yang takut mengonsumsi nanas. 

Padahal faktanya nanas mengandung banyak nutriasi yang menyehatkan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Lalu, apakah ibu hamil boleh makan nanas? Berikut penjelasan seputar makan nanas saat hamil yang perlu Moms pahami.

Mitos Vs fkta buah nanas memicu keguguran pada iu hamil

Mitos nanas muda bisa menyebabkan keguguran karena adanya kandungan bromelain dalam intinya. Nah, bromelain ini sendiri memang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsisi ibu hamil, Moms. Hanya saja, kadar bromelain pada nanas muda atau nanas matang tidak cukup besar untuk menggugurkan kandungan.

Justru kandungan di dalam buah nanas ini faktanya baik untuk ibu hamil, seperti:

  • Vitamin B1 yang bisa membantu enjaga kesehatan jantung dan sistem saraf
  • VItamin B6 yang bisa membantu meringankan anemia, morning sickness, dan baik untuk beberapa fungsi tubuhVitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Mangan dapat menjaga kesehatan tulang
  • Tembaga penting untu kesehatan rambut dan mata.

Apakah semua ibu hamil boleh mengonsumsi nanas?

Meski memiliki bayak manfaat, ternyata nggak semua ibu hamil boleh mengonsumsi nanas, ya. Salah satunya adalah ibu hamil dengan kondisi diabetes gestasional. Ibu hamil dengan konsisi ini tidak disarankan konsumsi nanas dalam bentuk jus karena mengandung gula yang tinggi.

Terlepas dari itu, ada risiko lain yang bisa dialami ibu hamil saat mengonsumsi nanas. Hal ini karena asam dalam nanas bisa mendatangkan rasa mulas dan memicu asam lambung.

Beberapa risiko lain yang mungkin muncul kalau ibu hamil mengonsumsi nanas secara berlebihan, antara lain:

  • gatal atau bengkak di mulut
  • asma
  • hidung tersumbat atau berair.

Jika terjadi alergi setelah mengonsumsi nanas, sebaiknya segera buhungi dokter untuk mendapat pertolongan. Hindari mengonsumsi obat tanpa resep dokter saat hamil agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan janin dan ibu hamil.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan