Menu

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Tidur Telanjang untuk Kesehatan, Moms

23 Desember 2021 14:09 WIB

Ilustrasi tidur tanpa mengenakan baju. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Rembang —

Meski terdengar aneh, tapi tidur telanjang atau tanpa busana ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho Moms. Para ahli juga memaparkan hal yang sama bahwa tidur telanjang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memastikan gaya hidup sehat. 

Dirangkum dari Woman's Health (23/12/2021), berikut 7 manfaat tidur telanjang menurut ahli.

1. Tidur lebih cepat

Jumlah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa terbangun hingga tertidur disebut Sleep Onset Latency (SOL). Nah, cara untuk mengurangi SOL adalah dengan menurunkan suhu tubuh, Moms. Saat suhu tubuh turun, ia akan memberi sinyal pada otak bahwa kini waktunya untuk tidur. Cara termudah untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan tidur telanjang atau tanpa baju.

2. Tidur lebih nyenyak

Menurunkan suhu tubuh tak hanya membantumu tidur lebih cepat, namun juga lebih nyenyak, Moms. Seorang ahli kesehatan tidur Dr W Christopher Winter, MD, mengatakan ada banyak manfaat kesehatan saat kita tidur nyenyak. Nah, tidur telanjang bisa membantu mendapatkannya.

3. Mengurangi cemas dan stres

Oksitosin yang terlepas melalui kontak kulit dengan kulit memiliki efek pengurangan stres. Meski manfaat ini gak berlaku bagi yang tidur sendirian, namun ini sangat baik bagi pasangan suami istri.

4. Memperbaiki kesehatan vagina

Tidur telanjang memberikan kesempatan vagina untuk bernapas dan tentu ini bisa membantu kesehatannya, ya Moms. Pasalnya, celana dalam yang ketat penuh dan penuh dengan keringat bisa membuat Moms berisiko terkena infeksi jamur. Ini karena jamur tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab.

Baca Juga: Bangun Tidur Suka Sakit Pinggang? Catat, Ini 5 Penyebab yang Harus Kamu Waspadai!

5. Menguruskan badan

Turunnya suhu tubuh saat tidur tanpa busana rupanya juga bisa membantu menurunkan berat badan, kata Dr Winter, Moms. Pasalnya, sedikit lebih dingin akan memaksa tubuh menghabiskan energi lebih banyak untuk bisa menjaga tubuh tetap hangat, sehingga membantumu untuk membakar kalori.

6. Awet muda

Dibandingkan setumpuk serum atau produk perawatan kulit yang Moms gunakan, tidur telanjang lebih manjur untuk membuat Moms tampak lebih muda, lho. Pasalnya, tidur yang nyenyak sangat penting untuk sekresi hormon pertumbuhan. Selain itu, hormon ini juga vital untuk melawan infeksi, pemulihan, dan tentu saja awet muda.

7. Menambah percaya diri

Cara terbaik agar nyaman dengan tubuh sedniri yaitu dengan tidur telanjang, Moms. Tidur tanpa busana bisa membangun rasa percaya diri dalam prosesnya.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa tidur telanjang dalam semalam bisa memperbaiki caramu memandang diri sendiri dan menambah rasa percaya diri. Rasa percaya diri ini tak hanya membuatmu lebih bahagia, tapi juga bisa membantumu lebih sukse, lho Moms.

Baca Juga: Tidur Jam 9 Berbahaya? Ini Waktu yang Tepat untuk Tidur di Malam Hari

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari