Menu

Olahraga Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Emang Iya?

27 Desember 2021 06:40 WIB

Ilustrasi wanita yang melakukan Pranayama (Yoga Journal/Edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan yaitu dengan berolahraga secara rutin. Olahraga ini banyakmacamnya, salah satunya yoga.

Selain membuat pikiran tenang, berlatih yoga juga bisa meredakan darah tinggi, lho Moms. Hal ini disampaikan oleh seorang peneliti dari Fakultas Kodekteran Universitas Duisburg Essen, Jerman, Holger Kramer.

Dari hasil penelitiannya menunjukkan bahwa orang yang memiliki hipertensi telah menurunkan darah mereka setelah berlatih yoa secara teratur. Penelitian yang melibatkan 452 pasien hipertensi ini, beberapa diminta untuk melakukan perawatan hipertensi hanya untuk menurunkan tekanan darah dan beberapa peserta lain diminta berlatih yoga secara rutin selama 8 minggu.

Hasilnya benar-benar mengejutkan. Mereka yang berlatih yoga mengalami penurunan tekanan darah lebih banyak daripada mereka yang hanya mengobati hipertensi. Penelitian lain juga melaporkan hubungan yoga dengan pengobatan berbagai penyakit lain, seperti asma, penyakit jantung, depresi, kanker payudara, hingga sakit punggung.

Nah, melihat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari berlatih yoga secara rutin, tak ada salahnya kalau Moms mencoba melakukan olahraga ini. Tapi ingat, usahakan didampingi oleh para ahli saat melakukan yoga agar aman dan mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: Beauty, Ini 5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Yoga

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari