Menu

Mencegah Bayi Lahir Prematur, Apa Saja yang Bisa Moms Lakukan?

29 Desember 2021 14:35 WIB

Suami dan istri. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Idealnya, waktu yang tepat untuk kelahiran bayi adalah 9 bulan 10 hari. Nah, kalau si kecil lahir beberapa sebelum usia tersebut atau sebelum 37 minggu, maka disebut bayi lahir prematur, ya Moms.

Sebenarnya ada loh beberap hal yang bisa Moms lakukan untuk mencegah bayi lahir prematur. Beberapa hal tersebut, meliputi:

1. Mengatur jarak kelahiran

Mengatur jarak kelahiran menjadi salah satu cara untuk mencegah bayi lahir prematur, Moms. Pasalnya, jaraka kehamilan yang terlalu dekat bisa membuat kondisi tubuh ibu kurang fit untuk kehamilan berikutnya. Nah, untuk menjaga jarak kehamilan, Moms atau pasangan bisa menggunakan alat kontrasepsi.

Baca Juga: Waspada Beauty, Ini 4 Alasan Telat Haid Selain Kehamilan

2. Menjaga berat badan sehat

Memiliki berat badan sehat dan ideal adalah salah satu cara paling ampuh untuk mencegah bayi lahir preamtur. Ini karena berat badan ideal bisa mencegah komplikasi saat kehamilan yang memicu kelahiran preamtur.

3. Konsumsi asam folat

Mengonsumsi multivitamin menjadi slaah satu cara mencegah bayi lahir prematur, Moms. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan untuk menggunakan suplemen asam folat.

4. Hati-hati dengan infeksi

Mengalami infeksi saat hamil juga bisa menjadi salah satu penyebab kelahiran prematur, ya Moms. Kalau mengalami infeksi, sebaiknya segera periksa ke dokter. Lakukan juga gaya hidup bersih dan sehat untuk mencegah infeksi.

Baca Juga: Berisiko Terinfeksi Parah, Ini Vaksin Covid-19 yang Aman Bagi Ibu Hamil! Bukan Sinovac?

5. Hindari keracunan makanan

Nah, persoalan makanan sangat penting untuk ibu hamil. Moms perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung bakteri, seperti ikan mentah. Bahkan, lebih baik Moms menghindari atau tidak makan makanan mentah.

Selain itu, selalu cuci tangan sebelum mengonsumsi makanan. Bersihkan juga seluruh peralatan dapur agar tak ada bakteri yang menempel.

6. Tetap aktif bergerak

Bukan berarti harus malas-malasan ya Moms meski sedang hamil. Pasalnya, aktif bergerak menjadi salah satu cara untuk mencegah kelahiran prematur.

Moms bisa pilih olahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari atau berenang. Nah, cobalah konsultasi dengan dokter olahraga apa yang pas sesuai dengan kondisi tubuh Moms.

7. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Meski kedengarannya tak berkesinambungan, namun menjaga kesehatan gigi dan gusi punya pengaruh penting terhadap kelahiran prematur. Beberapa penelitian menemukan bahwa kesrusakan gigi dan penyakit gusi memiliki hubungan erat dengan kelahiran prematur.

Itulah 7 cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah bayi lahir prematur. Untuk menjaga si kecil dalam kandungan, jangan lupa kontrol kehamilan secara rutin, ya.

Baca Juga: 8 Buah yang Baik untuk Kesehatan Gigi, Ampuh Mencerahkan Gigi Lho