Menu

Keren! Bank OCBC NISP Hadirkan #TAYTB Women Warrior, Dukung Pengusaha Wanita #MelajuJauh

30 Desember 2021 18:00 WIB

Ilustrasi ibu bekerja (GettyImages/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Peran wanita Indonesia yang menjadi pengusaha saat ini tak bisa diragukan lagi. Pasalnya, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) menunjukkan sebesar 34% usaha menengah dikelola oleh wanita. Sementara itu, 56% usaha kecil dan 52% usaha mikro di Indonesia juga dimiliki oleh wanita.

Lebih lanjut, banyak pula data yang menunjukkan bahwa UMKM yang dikelola oleh wanita memiliki kinerja keuangan yang lebih sustainable, seperti Non-Performing Loan (NPL) yang lebih rendah dan disiplin keuangan yang lebih baik. 

Akan tetapi, mirisnya, di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia saat ini, para pengusaha wanita juga merasakan tantangan berat yang harus dihadapinya.

"Sebanyak 90i UMKM yang dimiliki perempuan melaporkan kebutuhan dukungan dana sangat mendesak, 87i mereka mengalami kerugian sangat besar di situasi pandemi dan 25i mereka kehilangan setengah pendapatannya. Tidak hanya itu dua dari tiga pengusaha perempuan terpaksa harus tutup permanen atau sementara selama pandemi," terang Teten Masduki, selaku Menteri Koperasi dan UKM, seperti keterangan yang diterima HerStory di Jakarta, Rabu (29/12/2021).

Melihat permasalahan yang ada saat ini, Bank OCBC NISP pun tak tutup mata. Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok pengusaha wanita dengan menginisiasi Program #TAYTB Women Warriors.

“Melihat besarnya potensi kontribusi pengusaha perempuan pada perekonomian Indonesia, serta kesadaran kami akan tantangan yang mereka hadapi, Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok pengusaha perempuan agar dapat terus mengembangkan usaha dan mengambil peran yang lebih besar untuk berkontribusi pada ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa, Bank OCBC NISP menginisiasi Program #TAYTB Women Warriors yang menghadirkan solusi menyeluruh, termasuk solusi manage, grow dan live," jelas Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.

Melalui #TAYTB Women Warriors, Bank OCBC NISP menghadirkan solusi menyeluruh untuk mendukung wanita Indonesia menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan maksimal, yakni:

1. Manage

Manage merupakan layanan perbankan yang memudahkan pengusaha perempuan mengatur keuangan baik pribadi dan bisnis dengan mudah, aman dan nyaman, kapan saja, di mana saja, antara lain dengan fitur solusi digital melalui ONe Mobile untuk kebutuhan transaksi pribadi maupun Velocity untuk kebutuhan transaksi bisnis. Kemudian, kemudahan transaksi dengan satu solusi layanan dan satu pelaporan elektronik, layanan Kartu Kredit, Debit Online, dan Laporan SPT.

2. Grow

Bank OCBC NISP juga menghadirkan produk dan solusi keuangan, serta perangkat pendukung bisnis yang memungkinkan pengusaha perempuan mengembangkan dana pribadi untuk kebutuhannya dan keluarga, serta bisnis.

Bank OCBC NISP menawarkan pendanaan mulai Rp500 Juta sampai dengan Rp15 Milliar, baik untuk pengusaha individu maupun nasabah badan usaha.

Nasabah Individu juga dapat menikmati berbagai solusi keuangan dalam Nyala Bisnis, sementara untuk nasabah badan usaha dapat menikmati berbagai solusi dalam SME Banking, lalu Suku Bunga kredit dan berbagai kondisi menarik lainnya.

Selain itu, juga ada solusi non keuangan atau beyond banking (mulai dari e-commerce, layanan pajak, akuntansi, pembayaran online sampai pengelolaan akun media sosial) yang membantu menjalankan dan mengembangkan bisnis secara efektif.

3. Live

Yang terakhir, solusi yang diberikan Bank OCBC NISP adalah Live, yakni dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dengan membangun komunitas usaha dan penyediaan program edukasi keuangan, sehingga mereka dapat menikmati hidup sekaligus memberi dampak bagi perekonomian Indonesia.

Dukungan ini dalam bentuk Wtalks, forum online learning dalam bentuk seminar/webinar, online sharing/meet-up/networking session, manfaat produk keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha perempuan seperti pertanggungan asuransi, dan juga reward melalui Poinseru.com yang menarik dan bervariasi.

Selain itu, Bank OCBC NISP juga memahami bahwa pengusaha wanita juga dihadapkan pada tantangan terkait pengelolaan keuangan, kepercayaan diri, hingga keterbatasan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan.\

Oleh karena itu, #TAYTB Women Warriors juga menghadirkan program khusus yang bukan hanya membantu pengusaha wanita untuk mengelola & mengembangkan bisnisnya, melainkan juga memberi dukungan berupa kegiatan edukasi dan komunitas pengusaha perempuan untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Lebih lanjut terkait #TAYTB Women Warriors silakan kunjungi https://www.taytb.com/womenwarriors.

Artikel Pilihan