Menu

Beauty, Inilah Efek Samping Minuman Collagen

03 Januari 2022 16:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang konsumsi obat penurun kolesterol. (Freepik/kroshka__nastya)

HerStory, Rembang —

Saat ini, ada banyak sekali produk suplemen mengandung kolagen, khususnya berupa tablet atau minuman untuk kecantikan. Di balik manfaatnya, tahukah kamu kalau ada sejumlah efek samping kolagen, Beauty?

Efek samping ini umumnya jarang terdengar dibandingkan dengan manfaatnya. Namun, bahaya kolagen perlu mendapat perhatian, khususnya kalau kamu memiliki alergi, mengidap batu ginjal, atau memiliki gangguan suasana hati.

Berikut sejumlah efek samping kolagen bagi kesehatan yang sebaiknya diperhatikan, yaitu:

1. Mengganggu kesehatan pencernaan

Kandungan protein yang berlimpah di dalam minuman kolagen bisa menyebabkan sejumlah gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, kembung, serta penurunan nafsu makan kalau tidak diimbangi dengan konsumsi serat dan cairan yang memadai.

Efek samping minuman kolagen ini terjadi karena tubuh berusaha keras dalam mencerna banyaknya protein kolagen yang masuk. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi minuman kolagen ini sewajarnya saja, ya Beauty.

2. Sensitif terhadap kandungan kolagen

Mungkin sebgaian dari kamu memiliki sensitivitas tinggi terhadap kandungan protein kolagen, terutama asam glutamat bebas, Beauty. Nah, ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, lho. 

Sakit kepala ringan atau sulit tidur termasuk beberapa efek samping kolagen yang bisa terjadi kalau suplemen ini dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Baca Juga: Sssttt... Tips Awet Muda Nih Moms! Ini Lho 5 Makanan yang Banyak Mengandung Kolagen...

3. Menyebabkan batu ginjal

Salah satu efek samping kolagen yang tergolong serius adalah meningkatkan risiko berkembangnya batu ginjal. Risiko efek samping ini bisa lebih besar terjadi kalau kamu memiliki riwayat batu ginjal kalsium oksalat.

Untuk menurunkan risiko efek samping minuman kolagen ini, sebaiknya batasi konsumsi minuman ini gak lebih dari 5-6 gram per hari atau sekitar 1 sendok makan. Selain itu, kamu juga perlu mengimbanginya dengan minum banyak air, ya.

4. Peningkatan kadar kalsium

Minuman kolagen juga berpotensi meningkatkan kadar kalsium yang bisa menyebabkan hiperkalsemia. Kondisi ini bisa memicu seseorang mengalami sembelit, kelelahan, mual, muntah, dan nyeri tulang.

Hiperkalsemia bisa terjadi kalau kamu mengonsumsi tablet kolagen yang terbuat dari sumber-sumber laut berkalsium tinggi, misalnya kerang.

5. Berisiko menyebabkan reaksi alergi

Beberapa jenis kolagen bisa saja memiliki bahan dasar yang dapat memicu reaksi alergi, seperti telur, kerang, atau ikan laut. Biasanya reaksi alergi yang timbul, berupa ruam, kemerahan, gatal-gatal, sakit perut, sesak napas, mual dan muntah, bahkan pembengkakan lidah atau kulit.

Baca Juga: Catat Moms! 3 Susu Alternatif Bagi Si Kecil yang Punya Alergi

6. Menurunkan suasana hati

Suasana hati yang kaca juga bsa jadi karena salah satu efek samping dari kolagen, lho. Pasalnya, kolagen mampu memicu defisit triptofan yang berimbas pasa turunnya kadar hormon serotonin atau hormon kebahagiaan.

Nah, penurunan hormon ini bisa menyebabkan kamu merasa gugup, mudah marah, cemas, hingga depresi. Tentu saja hal ii sangat penting untuk diperhatikan, ya Beauty.