Menu

Sering Alami Susah Tidur Saat Menstruasi, Ternyata Ini Penyebabnya, Beauty

03 Januari 2022 16:55 WIB

Tidur (Unsplash/Alexandra Gorn)

HerStory, Rembang —

Pernah gak Beauty kamu bertanya-tanya mengapa saat menstruasi menjadi susah tidur? Menurut National Sleep Foundation, sepertiga wanita mengalami kesulitan tidur saat menstruasi. 

Kira-kira apa ya penyebabnya? Yuk Moms, cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Suhu tubuh meningkat

Seorang ahli tidur, Maryanne Taylor, mengatakan bahwa temperatur tubuh perempuan akan meningkat setelah ovulasi dan kamu akan merasa tak nyaman karena merasa kepanasan saat malam. Untuk mengatasi rasa gerah ini, kamu bisa membuka ventilasi kamar, menurunkan suhu AC atau banyak minum sebelum tidur agar merasa dingin. 

Baca Juga: Manfaat Kunyit Asam untuk Haid Ternyata Bukan Mitos Belaka, Moms

2. Terjadi kram di malam hari

Tak jarang kram perut dan rasa nyeri di punggung menyerang pada malam hari. Kemungkinan kamu juga merasa mual, sakit perut, dan badan sakit semua, Beauty. Lebih banyaklah minum, kompres bagian kram dengan handuk hangat untuk mengatasi hal ini.

Baca Juga: Beauty Harus Tahu! Begini Cara Hilangkan Noda Darah Menstruasi Pada Pakaian

3. Hormon naik turun

Penyebab susah tidur saat menstruasi adalah turunnya hormon progesteron. Progesteron ini bisa membuat seseorang merasa mengantuk, sedangkan hormon oestrogen meningkat, sehingga tubuh tak nyaman. 

4. Kamu sedang stres

Saat menstruasi rawan sekali mengalami stres. Kamu juga lebih sering merasa cemas atau khawatir, entah itu khawatir pembalut tembus atau yang lainnya. Ini karena emosimu juga masih suka naik turun, tidur juga tak nyaman karena kamu memikirkan sesuatu.