Menu

Wah, 4 Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Atasi Keputihan

06 Januari 2022 09:00 WIB

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Rembang —

Keputihan memang menjadi hal yang wajar dialami setiap wanita. Namun, keputihan berlebihan bisa mengganggu aktivitas bahkan bisa sebabkan penyakit.

Nah, ternyata, ada cara dan bahan almi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keputihan ini, lho Beauty. Kita bahkan bisa meracik sendiri karena bahan-bahan ini ada di sekitar kita. Ini dia empat bumbu dapur yang bisa mengatasi keputihan.

1. Daun Sirih

Sudah rahasia umum daun satu ini sangat berguna bagi daerah kewanitaan. Pasalnya, kandungan anti jamur dari daun sirih ini bisa membersihkan jamur di area vagina.

Untuk meraciknya pun gampang banget, Beauty.

  • Sediakan beberapa lembar daun sirih hijau atau merah.
  • Kemudian cuci bersih untuk menghilangkan kotoran.
  • Siapkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih.
  • Masukkan dauh sirih ke dalam air rebusan tersebt hingga beberap menit.
  • Gunakan air godokan yang sudah dingin tersebut untuk membasuh area vagina pada pagi dan malam hari.

2. Daun Kemangi

Daun yang wangi ini tidak boleh dijadikan sebagai air basuhan ke vagina karena akan menimbulkan efek kering pada Miss V, Beauty. Tapi kamu bisa minum air rebusan daun kemangi ini.

Untuk membuatnya, cuci bersih dauh kemangi, lalu tumbuk. Peras dan saring dengan sehelai kain bersih. Air perasannya dicampur dengan satu sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata dan minum.

Kandungan euganol juga akan mematikan kuman dan jamur penyebab bau di daerah vagina, Beauty. Namun, kalau kamu memiliki asam urat, ada baiknya tak menggunakan daun kemangi karena akan memperparah asam urat.

Baca Juga: Tak Hanya Jadi Lalapan, Daun Kemangi Juga Punya Khasiat untuk Penderita Diabetes Lho! Begini Cara Olahnya...

3. Kunyit

Bumbu dapur ini ternyata bisa diolah menjadi obat untuk membersihkan vagina, lho Moms. Pasalnya, kunyit juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti septik yang bisa menghilangkan aroma kurang sedap di daerah vagina.

Untuk membuatnya, tumbuk kunyit sampai halus. Campurkan kunyit tumbuk dengan asam jawa dalam satu gelas air panas. Tambahkan gula merah sesuai selera. Air kunyit asam siap dimunim, deh!.

4. Lidah buaya

Lidah buaya juga memiliki kandungan euganol dengan manfaat yang sama dengan di daun kemangi, ya Beauty. Ada dua cara untuk mendapatkan manfaatnya.

Pertama, untuk diminum. Haluskan lidah buaya dan tambahkan sedikit madu. Minum setiap hari menjelang tidur.

Kedua, dibentuk seperti sabun. Ambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya. Kemudian campurkan dengan yogurt tawar sampai halus. Oleskan area vagina dan diamkan hingga 5 menit. Bilas dengan air hingga bersih. 

Cara yang kedua ini merupakan campuran yang lengkap untuk vagina. Pasalnya, yogurt mengandung lactid acid yang mampu membunuh bakteri jahat di vagina. Sedangkan lidah buaya, akan memberikan aroma segar pada vagina.

Bahan-bahan alami di atas mudah ditemui di sekitar lingkungan rumah atau bisa dibeli di pasar. Jadi, tak perlu susah untuk menjaga kebersihan area intim, ya Beauty!

Baca Juga: Yuk Coba Kudapan Unik Kolaborasi Gyu Jin Tepan dan Serena Troy yang Bisa Manjakan Lidahmu!

Artikel Pilihan