Menu

Bau Darah Menstruasimu Amis Beauty? Waspada, Jangan-jangan Kamu Mengidap Penyakit Ini

10 Januari 2022 08:00 WIB

Ilustrasi Menstruasi. (pinterest/cosmopolitan)

HerStory, Rembang —

Menstruasi memang hal rutin yang terjadi pada wanita di setiap bulannya, ya Beauty. Namun, apakah kamu tahu keanehanyang terjadi saat menstruasi? Darah haid bau amis, misalnya.

Meski pada dasarnya bau darah umumnya amis atau busuk, tapi kalau bau amis atau busuk tersebut terlalu menusuk, kamu perlu khawatir Moms. Ini karena bisa jadi tanda adanya infeksi bakteri vaginosis yang sudah menyerang vagina.

Bakterial vaginosis adalah infeksi vagina yang disebbakan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Biasanya, kondisi ini akan lebih sering terjadi pada wanita yang sering berganti pasangan seks.

Baca Juga: Menstruasi Gak Lancar? Ternyata Bisa Diatasi dengan Olahraga Ini, Moms!

Nah, dalam konsisi tersebut sering dijumpai wanita akan mengalami keputihan yang berwarna keabu-abuan, ketika tidak dalam kondisi menstruasi. Sedangkan saat menstruasi, darah yang dikeluarkan pun akan berbau sangat amis karena adanya peningkatan alkalinitas pada vagina.

Namun, bakterial vaginosis bukan satu-satunya penyebab bau darah menstruasi yang amis, ya Beauty. Bisa jadi bau amis tersebut disebabkan oleh trikomoniasis atau infeksi menular manusia.

Kalau Beauty terjangkit virus ini, biasanya menstruasi yang terjadi akan disertai rasa terbakar, gaal, serta pegal di daerah vagina.