Menu

7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Payudara Kendur Lho Beauty, Hati-hati Ya!

14 Januari 2022 16:15 WIB

ilustrasi wanita yang sedang merokok (Unsplash/Pietro Tebaldi)

HerStory, Rembang —

Memiliki tubuh yang ideal menjadi impian banyak wanita, mungkin Beauty menjadi salah satunya. Salah satu anggota tubuh wanita yang harus dijaga agar badan tetap terlihat bugar adalah payudara

Oleh sebab itu, menjaga tubuh yang ideal berarti menjaga agar payudaramu tetap kencang. Namun, memasuki awal usia 20-an adalah saat yang rawan karena payudara akan mulai mengendur secara alami. 

Apalagi kalau gaya hidup dan kebiasaan sehari-harimu tak seimbang. Payudara pun akan jadi lebih cepat kendur. Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat payudaramu mengendur, Hati-hati, ya Beauty.

1. Postur tubuh tidak ideal

Kamu mungkin pernah dengar soal dampak postur tubuh tidak ideal pada kesehatan tulang. Ternyata postur tubuh yang tak ideal juga bisa memengaruhi bentuk payudaramu Beauty. 

Kalau kamu terlalu sering duduk, berdiri, atau berjalan dengan posisi bahu membungkuk, payudara pun jadi cenderung mengendur. Ini karena otot-otot di sekitar payudara melemas. 

Baca Juga: Gak Perlu Oplas, Begini Cara Sederhana Bikin Payudara Terlihat Lebih Besar

2. Kurang olahraga

Pasalnya, kurang berolahraga juga bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur, Beauty. Ini karena otot-otot kecil di sekitar dada tak pernah dilatih dan akhirnya melemas. 

Untuk mengembalikan kebugaran payudaramu, jangan sepelekan pentingnya beraktivitas fisik ya, terutama yang membantumu melatih otot dada. Nah, olahraga yang baik untuk mencegah payudara kendur, seperti latihan angkat beban dan push-up.

3. Berolahraga terlalu keras

Ternyata berolahraga terlalu keras juga berisiko menyebabkan payudara kendur, lho Beauty. Apalagi kalau kamu berolahraga tanpa bra khusus yang dirancang untuk beraktivitas fisik. 

Bra ini dikenal dengan istilah sport bra. Fungsinya adalah menopang payudara dari gerakan yang terlalu cepat. Olahraga seperti jogging, sepak bola, dan basket akan membuat payudaramu berayun-ayun dalam kecepatan yang tinggi. Ini berisiko merusak kolagen dalam payudara, Beauty. 

Baca Juga: Bukan Cuma Olahraga, Ini ‘Kunci Penting’ Saat Mau Turunkan Berat Badan

Kolagen sendiri merupakan serat-serat atau jaringan yang bertugas untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan payudara. Oleh sebab itu, selalu gunakan bra khusus olahraga sebelum kamu beraktivitas fisik.

4. Salah memilih bra

Salah memilih bra juga menjadi salah satu faktor penyebab payudara mengendur. Kalau kamu memakai bra yang longgar, payudaramu tak akan ditopang dengan baik. Pasalnya, payudara wanita tak memiliki otot-otot khusus yang bisa membantunya agar tetap kencang. 

Jadi, kalau bramu tak mampu menopang payudara, kulitmu lah yang akan semakin keras bekerja untuk menahan beratnya. Kulit yang dipaksa untuk bekerja terlalu berat akan semakin cepat menua dan kehilangan kekenyalannya. Inilah yang menjadi penyebab payudara kendur, Beauty.

5. Merokok

Kebiasaan merokok tanpa disadari bisa memengaruhi bentuk payudara, lho Beauty. Ini karena racun-racun yang terkandung dalam rokok, seperti nikotin bisa menghancurkan kolagen dalam kulit. 

Baca Juga: Enggak Hanya Merokok, Kebiasaan Ini Juga Bisa Buat Bibir Menjadi Hitam, Lho!

Padahal, persediaan kolagen dalam tubuh wanita jumlahnya lebih sedikit dari laki-laki. Oleh sebab itu, rokok juga akan mengganggu peredaran darah ke permukaan kulit. Akibatnya, payudara akan mengalami proses penuaan dini dan cepat mengendur.

6. Kecanduan alkohol

Terlalu sering atau kecanduan minum minuman keras bisa berakibat buruk dan menyebabkan kerusakan kolagen, lho Beauty. Payudara pun jadi lebih kendur dan kulit di sekitarnya tampak kusam. 

Oleh sebab itu, perhatikan kadar alkohol yang kamu konsumsi, ya. Hal ini untuk mencegah payudara yang menua sebelum waktunya.

7. Berat badan yang naik turun

Berat badan yang tak stabil juga akan memengaruhi kulit di sekitar payudara, lho Beauty. Kulit di sekitar payudara akan meregang mengikuti bentuk tubuh kalau berat badanmu naik. Namun, ketika berat badan turun lagi, kulit akan membutuhkan waktu beberapa lama agar bisa kencang kembali.