Menu

Kulit Gatal Bisa Jadi Tanda Kanker Lho Moms, Kenali Gejalanya

17 Januari 2022 07:00 WIB

Ilustrasi gatal di bagian tangan. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Moms, hati-hati ya, meski kulit gatal adalah hal yang wajar bahjan terdengar sepele, tapi bisa jadi tanda penyakit serius, seperti kanker, lho. Kulit gatal yang dalam istilah medis disebut pruritus ini bisa menjadi gejala kanker atau bahkan tanda awal kanker, Moms. 

Melansir dari Very Well Health, Senin (17/1/2022), kanker terjadi ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali. Nah, gejala gatal dapat terjadi karena iritasi langsung pada kulit, seperti pada kanker kulit atau kanker terpisah yang telah menyebar, atau bermetastasis, ke kulit. 

Selain itu, gatal juga bisa disebabkan oleh penumpukan garam empedu di bawah kulit, seperti pada kanker darah atau kanker saluran empedu, atau karena zat yang dilepaskan dari tumor atau sebagai respons terhadap tumor.

Tumor sendiri merupakan pertumbuhan jaringan abnormal yang bisa menjadi kanker, Moms. Namun, gatal juga bisa disebabkan oleh penyakit lain. 

Baca Juga: Pangkas Risiko Kanker dalam Beberapa Detik dengan Cara Ini, Kata Pakar

Meskipun sulit untuk membedakan gatal akibat kanker dan gatal karena penyebab lain, ada beberapa tanda yang bisa Moms bedakan. Paling sering, gatal disebabkan oleh kondisi medis tertentu, selain kanker. 

Sedangkan kanker yang paling sering dikaitkan dengan gatal-gatal, seperti:

  • Kanker yang berhubungan dengan darah (leukemia dan limfoma) 
  • Kanker kulit 
  • Kanker hati 
  • Kanker kandung empedu 
  • Kanker saluran empedu 

Tanda-tanda gatal karena kanker 

Gatal yang berhubungan dengan kanker terkadang identik dengan gatal yang berhubungan dengan kondisi kulit atau penyebab jinak (non-kanker) lainnya, tetapi ada beberapa karakteristik yang mungkin berbeda, Moms.

Baca Juga: Beauty Wajib Tahu! Ini Tanda Pasti Kamu Kena Kanker ‘Paling Umum’, Menurut CDC

Tanda-tanda gatal terkait kanker mungkin termasuk: 

  • Gatal sebagai respons terhadap air, yang disebut aquagenic pruritus 
  • Tak ada ruam atau gatal-gatal (walaupun terkadang ruam terjadi karena garukan berulang) 
  • Adanya gejala lain, seperti perubahan warna kulit menjadi kekuningan (jaundice) dan gejala B, yaitu gejala limfoma di seluruh tubuh termasuk demam, penurunan berat badan, dan keringat malam yang basah kuyup. 

Selain itu, gatal yang berhubungan dengan kanker juga mungkin terasa paling buruk pada kaki bagian bawah dan dada. Terkadang terasa juga sensasi terbakar.