Menu

Tak Hanya di Rambut Kepala, Kutu Juga Bisa Bersarang di Rambut Kemaluan, Ini Ciri-cirinya...

17 Januari 2022 09:40 WIB

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Google/Edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Tahukah Moms kalau kemaluan juga bisa kutuan? Kutu kemaluan (Phthirus pubis) alias kutu kelamin adalah serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, termasuk rambut kemaluan, Moms. Jenis kutu ini menyebar melalui kontak fisik, khususnya kontak seksual. 

Tentu hal ini gak boleh disepelekan, ya Moms. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Moms juga perlu memahami ciri-ciri yang bisa muncul ketika terkena kutu kemaluan.

Berikut ini ciri-ciri umum yang mungkin Moms rasakan ketika terkena kutu kemaluan, antara lain:

1. Gatal

Ciri-ciri utama Moms terkena kutu kemaluan atau kelamin adalah rasa gatal yang parah. Hal ini biasanya menjadi lebih parah di malam hari ketika kutu sedang aktif memakan darah manusia.

Penyebab gatal bukan karena gigitan, tetapi akibat dari reaksi alergi atau hipersensitivitas kulit terhadap air liur kutu yang mengenai kulit sebelum gigitan.

Sensasi gatal sebenarnya terbatas pada daerah yang terkena, umumnya selangkangan. Namun, rasa gatal tersebut juga bisa menyebar ke perut, paha, dan kaki. Seseorang yang terkena kutu kemaluan di bagian tubuh yang lain juga bisa mengeluhkan rasa gatal.

Baca Juga: Kulit Gatal Bisa Jadi Tanda Kanker Lho Moms, Kenali Gejalanya

2. Iritasi kulit

Moms mungkin mengalami iritasi kulit, peradangan, serta kemerahan. Kondisi kulit ini mungkin disebabkan oleh garukan yang terlalu kuat karena gatal yang Moms alami.

Karenanya, menggaruk terlalu kuat bisa menimbulkan sedikit bercak darah. Tetes atau bercak darah ini biasanya terlihat di bagian kulit yang terkena dan di pakaian dalam. Namun, Moms tak perlu khawatir karena kondisi ini biasanya memudar dalam 1-2 hari.

3. Gejala lainnya

Selain dua gejala utama yang disebutkan di atas, ciri-ciri Moms terkena kutu kemaluan juga meliputi:

  • Bintik gelap atau kebiruan pada kulit tempat kutu kemaluan hidup. Bintik-bintik ini muncul dari gigitan kutu kelamin.]
  • Merasa demam, lesu, atau mudah tersinggung (rewel pada anak-anak).

Baca Juga: Tenggorokan Terasa Gatal Beauty? Hati-hati Itu Gejala Covid-19 Varian...

Nah, kalau Moms mengalami berbagai gejala atau ciri-ciri kutu kelamin seperti yang dijelaskan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter, ya. Hal ini agar Moms segera mendapat perawatan.