Menu

Gak Hanya Buah Pepaya Saja, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Membantumu Melancarkan BAB Beauty!

17 Januari 2022 15:10 WIB

Penggunaan Tisu Toilet

HerStory, Rembang —

Sulit buang ari besar (BAB) adalah keluhan umum yang bisa dialami siapa pun. Nah, biasanya oarang mengonsumsi buah pepaya untuk mengatasi masalah ini. 

Padahal, selain buah pepaya, masih ada banyak buah dengan kandungan serat tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ini, Beauty. Nah, kira-kira apa saja ya buah yang bis amembantu melancarkan BAB?

1. Apel

Kalau kamu mengalami susah BAB, buah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah apel. Kandungan serat utuh di dalam sebutir apel yang tanpa dikupas kulitnya ini sekitar 5-6 gram. Sementara dengan kulit yang dikupas mencapai 3,3 gram, Beauty.

2. Jeruk

Wah, buah jeruk ternyata bisa kamu gunakan untuk mengatasi susah BAB nih Beauty. Pasalnya, di dalam satu buah jeruk, terkandung 4 gram serat alami dengan 86 kalori. Kedua nilai gizi ini menjadikan jeruk layak untuk dikonsumsi ketika seseorang mengalami sembelit atau sulit buang air besar.

Baca Juga: 5 Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Cegah Penyakit Batu Ginjal

3. Pir dan kiwi

Meskipun tak sepopuler apel dan jeruk karena jarang ditemui di kios atau di pasar, kedua buah ini juga bisa menjadi pilihan saat Moms mengalamii gangguan pada saluran cerna, lho. Namun jangan khawatir, pir dan kiwi bisa ditemui di toko buah segar atau supermarket. 

Satu buah pir mengandung 4,4 gram serat. Sedangkan, kiwi merupakan jenis buah yang tinggi serat dengan 5 gram serat alami, serta mengandung vitamin C.

4. Plum

Buah lainnya yang mampu membantu proses BAB adalah plum. Dengan warna yang menarik serta rasa lezat, plum dipercaya mampu mengatasi konstipasi dengan kadar seratnya yang tinggi. Belum lagi, plum mengandung sorbitol yang berperan sebagai pencahar alami.

Baca Juga: Buah yang 'Haram' Dikonsumsi Golongan Darah A, Hindari Ya, Beauty!

5. Buah-buahan kering

Tak hanya itu, masih ada lagi buah-buahan selain pepaya yang efektif melancarkan BAB. Yakni buah kering, seperti kurma, kismis, dan aprikot, Beauty. 

Buah-buahan ini juga mengandung sejenis karbohidrat dengan struktur molekul menyerupai gula, sehingga mampu membuat kotoran (feses) bergerak di dalam usus dan mudah untuk dikeluarkan.