Menu

Yakin Sudah Siap Menikah? Coba Perhatikan 5 Hal Penting Ini Dulu

17 Februari 2022 19:50 WIB

Ilustrasi pernikahan beda agama. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bekasi —

Cinta memang sangat dibutuhkan dalam pernikahan. Itu adalah dasarnya, namun cinta saja nggak cukup. Kamu perlu memerhatikan dan mendiskusikan beberapa hal dengannya sebelum mantap menikah.

Pernikahan sebuah hal yang sakral dan gak bisa dipermainkan. Oleh karena itu, jangan sampai kamu merasa terperangkap dalam pernikahanmu sendiri. Berikut lima hal penting yang wajib kamu perhatikan dan diskusikan dengan pasangan sebelum menikah

Kejujuran

Ini adalah kualitas yang wajib dimiliki pasangan. Tanpa kejujuran tidak ada pernikahan yang bertahan lama. Dia harus jujur dan berkomitmen ??tidak hanya dengan kamu tetapi juga dirinya sendiri. Dia harus mengetahui keterbatasannya, kekurangannya beserta kelebihannya.

Rasa hormat

Selain kejujuran, kamu juga perlu melihat bagaimana dirinya menghormati orang lain. Jika mereka tidak dapat menghormati orang lain, ketahuilah bahwa dia pada dasarnya tidak menghormatimu, orang tua kamu atau siapa pun dalam hal ini.

Komunikasi

Komunikasi juga menjadi poin penting di dalam hubungan, termasuk dalam pernikahan. Komunikasi yang lancar sangat dibutuhkan untuk menjalankan rumah tangga yang baik. Jika kamu dan pasangan tidak bisa menemukan pola yang tepat dalam berkomunikasi, kemungkinan kalian tidak akan bisa menyelesaikan berbagai masalah nantinya. Ini tentu tidak sehat untuk pernikahan kalian.

Oleh sebab itu, jangan sungkan untuk membahas ini sebagai salah satu hal yang serius di dalam hubungan. Pasyikan kamu dan pasangan mau berkompromi atau menghilangkan kebiasaan buruk masing-masing dalam berkomunikasi, sebelum memutuskan menikah. 

Anak

Ini adalah salah satu diskusi penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Ingat, gak semua orang menginginkan anak. Jika anak-anak adalah prioritas, jelaskan dan ketahui juga pendapatnya. Kapan kalian berencana punya anak, berapa banyak anak, bagaimana pola asuh yang akan diterapkan nanti. Semuanya itu butuh untuk didiskusikan. Jadi, pastikan kalian mendiskusikan hal ini sebelum mantap melangkah ke jenjang yang lebih serius. 

Keuangan

Bukan hanya anak saja, masalah keuangan juga waib dibicarakan sebelum menikah. Kalian harus terbuka satu sama lain tentang keuangan kalian. Lalu putuskan soal pengelolaan keuangan rumah tangga. Jika tidak, masalah ini bisa menjadi besar dan bahkan mengancam pernikahan. Penelitian menemukan, banyak pasangan bercerai dengan alasan keuangan.  Itulah mengapa sebaiknya sebelum menikah kamu dan pasangan yang akan menikah membicarakan ini secara gamblang.

Ini adalah lima hal yang wajib kamu perhatikan sebelum menikah. Selain lima hal ini, kamu juga perlu melihat sisi spiritual, pola kehidupan keluarga, gaya hidup dan masih banyak lagi.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan