Menu

5 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala, Salah Satunya Berisiko Sakit Jantung Lho!

16 Maret 2022 20:15 WIB

Ilustrasi tidur tanpa mengenakan baju. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Jakarta —

Enggak semua orang bisa tidur dengan lampu yang digelapkan. Beberapa orang lebih terbiasa tidur dengan keadaan terang dan lampu menyala.

Padahal, tidur dengan kondisi lampu menyala bisa menurunkan kualitas tidur, lho. Bahkan, ada beberapa dampak buruk yang akan muncul jika kamu terbiasa tidur dengan lampu menyala.

Melansir dari laman Brightside.com, berikut ini lima efek buruk yang akan terjadi jika kamu tidur dengan lampu menyala. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kondisi reproduksi terganggu

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa paparan cahaya pada malam hari dapat meningkatkan risiko infertilitas. Uji coba dengan tikus mencit betina menemukan tidur dengan keadaan lampu menyala menyebabkan tikus tersebut enggak subur.

Peneliti menduga ini terjadi karena adanya perubahan ritme sirkadian dalam tubuh, yang dapat mempengaruhi proses reproduksi pada perempuan.

Masalah jantung

Hormon melatonin enggak hanya berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh, tapi juga tekanan darah. Jika kamu tidur dengan keadaan lampu menyala, maka produksi melatonin dalam tubuhmu akan terhambat.

Akibatnya, tekanan arahmu akan meningkat. Fluktuasi tekanan darah saat akan menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kenaikan berat badan

Metabolisme yang melambat dalam tubuhmu dapat disebabkan karena kelebihan cahaya buatan yang dipancarkan oleh lampumu pada malam hari. Selain itu, gangguan tidur dan ritme sirkadian dapat menyebabkan kamu mengalami obesitas.

Dalam sebuah penelitian pada 43.000 perempuan mengungkapkan bahwa tidur dengan adanya pancaran TV membuat mereka mengalami kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan tersebut terjadi terlepas dari kualitas atau durasi tidur mereka.

Perubahan hormon

Meskipun hanya satu sumber cahaya dalam kamarmu, hal tersebut dapat mengubah keseimbangan hormonmu. Cahaya dari HP, TV atau komputer dapat berkontribusi dalam defisiensi melatonin serta proses biologis yang terganggu.

Jika tidurmu terganggu, hal tersebut dapat menyebabkan meningkatnya hormon penuaan dan mengurangi hormon anti-penuaan.

Depresi

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa tubuh yang terekspos oleh cahaya pada saat malam akan meningkatkan risiko depresi. Gangguan pada ritme sirkadian akan memperburuk gejala depresi yang sudah ada.

Uniknya, lampu dengan warna merah memiliki efek yang lebih sedikit merugikan karena kita yang kurang sensitif terhadap panjang gelombang merah. Bahkan dalam beberapa kasus, lampu dengan warna merah digunakan untuk mengobati efek buruk cahaya biru.

Nah, itulah beberapa bahaya yang mungkin akan terjai jika tidur dengan kondisi terang atau lampu menyala. Semoga bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan