Menu

Puasa Tinggal Hitungan Hari, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Catat Moms!

18 Maret 2022 17:55 WIB

Ilustrasi bau mulut. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebentar lagi bulan puasa. Biasanya, masalah yang sering dihadapi saat bulan puasa yaitu bau mulut. Hal ini karena saat puasa, Moms tidak makan dan minum dalam waktu lama sehingga membuatmu terkena healitosis.

Kondisi itu akan makin memperparah bau mulut, bahkan sampai pecah-pecah. Lantas, bagaimana cara mengatasi bau mulut saat puasa? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Sikat gigi

Setelah waktu berbuka dan sahur, pastikan kamu selalu menyikat gigi. Sisa makanan yang tertinggal dan tak segera dibersihkan merupakan sumber bakteri. Bakteri itu yang membuat mulut bisa menjadi bau.

2. Bersihkan lidah

Lidah juga menjadi sarang bakteri. Napasmu pun bisa mengeluarkan bau tak sedap. Kamu bisa membersihkan lidah dengan alat khusus.

3. Konsumsi buah

Mengonsumsi sejumlah jus buah bisa membantu mengurangi bau mulut. Jus nanas misalnya, kandungan di dalamnya mampu mengatasi masalah peradangan dan produksi bakteri.

4. Konsumsi air putih

Konsumsi air di bulan puasa tentu akan berkurang. Padahal, air putih bisa membantu melembapkan area mulut. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga asupan air putih selama waktu berbuka dan sahur.

5. Jaga kesehatan gusi

Gusi yang kotor juga jadi sarang bau. Kamu perlu rutin membersihkannya. Pada kondisi tertentu, membersihkan gusi memang butuh penanganan langsung dari dokter.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.