Menu

5 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Kamu Mengalami Penggumpalan Darah di Otak, Waspada Beauty!

21 Maret 2022 08:05 WIB

Ilustrasi pendarahan otak. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Setiap organ di dalam tubuh kita bisa mengalami masalah kesehatan, termasuk otak Moms. Nah, Moms perrlu tahu ini bagaimanan tanda-tanda penggumpalan di otak. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan serangan stroke dan mengancam jiwa jika terlambat ditangani.

Penggumpalan darah di otak bisa terjadi ketika ada sumbatan darah yang tidak mengalir lancar ke otak. Nah, saat ada sumbatan, darah bakal menggumpal dan membentuk trombus, yakni darah beku yang rawan menyumbat pembuluh darah.

Tak hanya berhenti di situ saja Moms, darah beku tersebut bisa pecah dan membentuk kepingan darah bekku yang rentan menyumbat cabang-cabang pembuluh darah. lantas, apa saja tanda penggumpalan darah di otak?

1. Gangguan penglihatan

Pandangan kabur atau tiba-tiba gelap bisa jadi tanda awal penggumpalan darrah di otak. Bagian mata yang bermasalah bisa salah satu atau keduanya.

2. Gangguan berbicara

Penderita jiga bisa tiba-tiba susah bicara, Moms. Ketika bisa bicara, terkadang kata-kata yang keluar dari mulut sulit dipahami oleh orang lain.

3. Mudah terdesak

Pembekuan darah yang menyumbat aliran darah di otak juga bisa menghambat kemampuan orang dalam menelan makanan dan minuman. Akibatnya, orang tersebut jadi gampang tersedak.

4. Sakit kepala parah

Sakit kepala yang terjadi mendadak atau secara tiba-tiba tanpa sebab juga harus diwaspadi Moms. Apalagi kalau sakit kepala ini diikuti gejala lain, seperti pusing, ingin muntah, dan kejang.

5. Salah satu bagian tubuh lumpuh

Efek penggumpalan darah di otak juga bisa menyebabkan salah stau bagian tubuh lumpuh, Moms. Misalnya, mulut akan terlihat pencong atau salah satu kaki dan lengan lumpuh tak bisa digerakkan.

Itulah beberapa gejala awal penggumpalan darah di otak yang perlu Moms waspadai. Jika Moms mengalami gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan medis dengan cepat.