Menu

5 Cara Mudah Atasi Masalah Kolesterol Tinggi, Manjur Tanpa Obat-obatan

21 Maret 2022 13:00 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol adalah senyawa yang diproduksi di hati dan merupakan lipid baik (komponen penting dari sel hidup) yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh kita sehari-hari.

Kolesterol bertanggung jawab untuk produksi hormon dan fungsi organ. Tubuh Anda membutuhkan lipid yang baik ini hanya dalam jumlah tertentu.

Nah, ketika ada kelebihan kolesterol dalam tubuh, itu dapat menyebabkan serangan jantung, stroke ringan atau besar, dan penyakit terkait jantung lainnya.

Ketika tubuh Anda memiliki kelebihan kolesterol, itu akan disimpan di dinding bagian dalam pembuluh darah. Secara bertahap mengurangi ruang di mana darah bisa lewat, mengakibatkan pengerasan dan kekakuan pembuluh darah, menyebabkan peningkatan tekanan darah, salah satu alasan utama serangan jantung.

Namun, enggak perlu cemas. Pasalnya ada beberapa tips sederhana yang penting diketahui untuk mengobati kolesterol secara alami. Penasaran apa saja? berikut penjelasannya seperti dilansir dari Boldsky (21/3/2022):

1. Kurangi Asupan Gluten

Diet berbasis gandum mungkin mengandung gluten. Hal ini menyebabkan obesitas dan peradangan. Penelitian menunjukkan diet kaya gluten dapat menimbulkan lebih banyak bahaya bagi jantung daripada kolesterol.

Jika Anda makan produk gandum, pastikan itu adalah gandum utuh dan jauhi produk multi-gandum, yang tidak lebih sehat daripada makanan panggang yang dibuat dengan tepung halus.

2. Makan Banyak Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Studi telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi serat larut, seperti yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran (5 sampai 10 gram sehari) dapat menyebabkan 5 persen penurunan kadar kolesterol dalam darah.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat serat larut adalah memulai hari Anda dengan sarapan oatmeal. Satu cangkir oatmeal atau dedak memiliki sekitar 2 gram serat larut dan total 4 gram serat, yang berubah menjadi gel di dalam tubuh. Ini membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

3. Makan Ikan kaya Omega-3

Mengonsumsi ikan salmon, tuna, dan seafood lainnya merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Misalnya, ikan seperti salmon dan tuna kaya akan omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol.

Karena itu, disarankan untuk menambahkan ikan sebanyak dua hingga tiga kali per minggu ke menu makanan. Asam lemak omega-3 adalah sebagian besar jenis lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung yang juga membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner.

4. Perhatikan Vitamin D 

Kekurangan vitamin D terkait dengan kolesterol tinggi. Kemampuan tubuh untuk mensintesis vitamin D dari matahari berkurang seiring bertambahnya usia.

Dapatkan kadar vitamin D Anda diperiksa dengan tes darah. Jika kadar Anda rendah, minum suplemen vitamin D setiap hari dengan bimbingan yang tepat dari dokter

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga bermanfaat bagi tubuh agar tetap aktif dan sehat. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi LDL (kolesterol jahat) yang berbahaya dan meningkatkan HDL yang bermanfaat.

Olahraga telah terbukti membantu meningkatkan kolesterol baik jika Anda berolahraga selama 30 menit. Jalan cepat atau jogging juga telah terbukti bermanfaat dalam menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

Artikel Pilihan