Menu

Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Awal Kamu Menderita Kanker Paru-paru, Kenali Cirinya!

21 Maret 2022 14:00 WIB

Ilustrasi paru-paru. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Kanker paru-paru merupakan suatu kondisi di mana sel ganas (kanker) terbentuk di paru-paru. Meski banyak diderita para perokok, kanker paru-paru juga bisa terjadi pada orang yang bukan perokok.

Untuk mencegah segala hal yang enggak diinginkan, kamu perlu mengetahui dan mendeteksi awal kanker paru-paru agar keberhasilan pengobatan juga semakin tinggi.

Melansir dari berbagai sumber (21/3/2022), berikut ini beberapa tanda awal seseorang menderita kanker paru-paru. Yuk, simak baik-baik, ya!

Batuk terus-menerus

Seseorang yang menderita kanker paru-paru sangat sering batuk. Mereka mungkin akan batuk terus-menerus tanpa alasan apapun sepanjang tahun.

Sesak napas

Ketika sel kanker mulai berkembang di paru-paru, maka saluran udara akan terblokir atau semakin sempit, sehingga mengurangi aliran udara ke paru-paru yang membuat penderitanya jadi sesak napas.

Suara serak

Seseorang yang menderita kanker paru-paru juga mengakami suara serak. Hal itu bisa terjadi seriring berjalannya waktu dan kalau ada perubahan pada suaramu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sesegera mungkin.

Berat badan turun

Penurunan berat badan tanpa alasan dalam waktu yang singkat juga bisa menjadi tanda menderita paru-paru. Pertumbuhan sel kanker dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan perubahan berat badan.

Sakit badan

Seseorang yang menderita kanker paru-paru akan lebih sering mengalami rasa sakit di bagian dada, bahu, dan punggung. Sakit badan tersebut tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, itulah beberapa tanda awal seseorang menderita kanker paru-paru. Semoga bermanfaat, ya!