Menu

Penderita Hipertensi Merapat! Sederet Buah Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobain Deh!

21 Maret 2022 16:00 WIB

Buah Kiwi (iStock/Edited/By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa diderita oleh siapa saja. Tekanan darah tinggi juga perlu segera diobati supaya enggak menimbulkan komplikasi.

Parra penderita hipertensi pasti akan mencari cara untuk menurunkan tekanan darahnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter.

Namun selain itu, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi buah-buahan yang bisa menurunkan tekanan darah. Sudah tahu belum?

Melansir dari berbagai sumber (21/3/2022), berikut ini beberapa buah yang disebut ampuh turunkan tekanan darah tinggi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Pisang

Pisang mengandung kalium yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah garam dalam tubuh, sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kamu bisa mengonsumsi pisang dengan berbagai cara, yaitu secara utuh, dipanggang, atau mencampurkannya ke dalam sereal.

Semangka

Semangka mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Semangka juga mengandung L-citrulline yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Kiwi

Kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penderita hipertensi yang mengonsumsi 3 buah kiwi sehari dapat mengalami penurunan tekanan darah lebih cepat.

Anggur

Anggur mengandung polifenol yang dikenal sebagai antioksidan dan dapat membantu mengontrol tekanan darah serta melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Anggur juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi rutin akan mencegah munculnya sindrom metaboolik, termasuk hipertensi.

Nah, itulah beberapa buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Pilihan