Menu

Duh, Ini 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Keriput, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan Nih!

23 Maret 2022 07:10 WIB

Ilustrasi wajah keriput (Harvard Health/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Keriput atau kerutan pada wajah merupakan salah satu kondisi penuaan kulit secara kompleks yang merefleksikan proses intrinsik natural dan ekstrinsik.

Keriput juga salah satu gejala dari proses penuaan kulit yang enggak bisa dihindari oleh siapapun juga. Selain usia, ada faktor lain yang bisa mempercepat penuaan kulit.

Salah satu faktornya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan di pagi hari dan tanpa disadari bisa merusak kulit dan mempercepat penuaan.

Melansir dari berbagai sumber (23/3/2022), berikut ini beberapa kebiasaan di pagi hari yang membuat kulit cepat keriput. Yuk, simak baik-baik, ya!

Makan manis terlalu banyak

Mengutip dari Eatthis, sarapan pagi dengan menu makanan yang banyak mengandung zat gula enggak baik untuk kesehatan kulit. Jadi, kurangi makanan manis setiap pagi, ya.

Melupakan serat

Di pagi hari, seluruh organ termasuk kulit membutuhkan asupan serat dari buah dan sayuran. Makanya, jangan sampai lupa mengonsumsi serat untuk membantu menjaga kesehatan kulitmu.

Minum kopi manis

Sebaiknya minum kopi di pagi hari tanpa ditambah gula. Sebab, gula mengandung senyawa yang bisa menjadi pemicu proses penuaan lebih cepat.

Kurang minum

Di pagi hari, perbanyaklah minum air putih atau air mineral. Pasalnya, kulit yang kekurangan cairan akan mudah kering dan keriput, sehingga proses penuaan jadi lebih cepat.

Mengaplikasikan foundation terlalu banyak

Pengalikasian foundation yang terlalu tebal bisa menyebabkan kerutan mudah muncul, terutama jika kulit dalam kondisi kering seperti di dinginnya musim penghujan.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa memicu keriput lebih cepat. Segera hindari, ya!