Menu

5 Minuman Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Aman Terkendali!

23 Maret 2022 14:00 WIB

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula darah perlu ditangani dengan serius. Pasalnya, diabetes bisa menjadi pemicu masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, para penderita diabetes perlu mencari cara untuk menurunkan dan juga mengontrol kadar gula darah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi minuman rendah kalori.

Melansir dari laman Healthline, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori untuk penderita diabetes.

Berikut ini beberapa rekomendasi minuman yang aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Jus jeruk

Jus jeruk murni baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, tapi dalam jumlah kecil. Ukuran porsi adalah faktor kunci untuk mengatur asupan karbohidrat saat minum jus dengan makanan.

Air mineral

Air mineral baik dikonsumsi penderita diabetes karena enggak akan meningkatkan kadar gula darah. Minum cukup air mineral dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin.

Teh

Menurut penelitian, teh memiliki efek positif pada kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita diabetes. Sebuah studi besar pada 2021 terhadap lebih dari 0,5 juta orang menemukan bahwa konsumsi teh setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Susu rendah lemak

Susu mengandung vitamin dan mineral penting, tapi susu dapat menambahkan karbohidrat. Jadi, penting untuk memiliki susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim.

Kombucha

Kombuncha adalah minuman fermentasi yang biasanya terbuat dari teh hitam atau teh hijau. Kombucha baik untuk penderita diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah. 

Nah, itulah beberapa minuman yang baik untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita