Menu

Pilihan Beras yang Aman untuk Penderita Diabetes, Apa Saja Ya?

25 Maret 2022 06:19 WIB

Ilustrasi beras. (Pinterest/livestrong.com)

HerStory, Jakarta —

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. Hal inilah yang mendasari para penderita diabetes untuk membatasi konsumsi nasi. Padahal, ada beberao jenis nasi yang aman dikonsumsi penderita diabetes, lho.

Beras yang aman untuk para diabetesi harus memiliki indeks glikemik rendah. Berikut ini beberapa jenis beras yang memiliki indeks glikemik lebih rendah.

1. Beras merah

Dilansir dari Harvard Health Publishing, Jumat (25/3/2022), beras merah mengandung indeks glikemik sebesar 50, yang masuk dalam kategori rendah. Jadi, beras ini aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

Tak hanya indeks glikemiknya yang rendah, kandungan serat dalam beras merah pun cukup banyak dibandingkan beras putih. Hal ini membuat beras merah gak banyak memengaruhi kadar gula darah karena serat dapat menghambat pelepasan glukosa (gula) ke dalam darah.

2. Beras basmati

Beras basmati merupakan salah satu jenis beras paling sehat untuk diabetes. Hal ini karena beras basmati memiliki indeks glikemik sekitar 43-60, yang termasuk dalam kategori indeks glikemik rendah sampai sedang.

Sehingga, beras basmati lebih aman untuk kadar gula darah. Adanya serat dalam makanan yang kita makan dapat membuat kadar gula darah lebih terkontrol.

Sekadar catatan, walau pun beras basmati dan beras merah paling sehat untuk diabetes, namun sebaiknya tetap perhatikan porsi yang dikonsumsi, ya Moms. Beras basmati dan beras merah tetap mengandung karbohidrat yang dapat memengaruhi kadar gula darah, walau pun tak seburuk beras putih. 

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan