Menu

Penderita Diabetes Harus Tahu, Ini Sederet Manfaat Konsumsi Kedelai untuk Kontrol Gula Darah

28 Maret 2022 14:00 WIB

Kedelai. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula darah tentu enggak boleh disepelekan. Pasalnya, diabetes bisa menimbulka komplikasi masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

Untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes perlu menerapkan gaya hidup sehat dengan pola makan yang seimbang.

Dari banyaknya makanan sehat, kedelai juga menjadi salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, serat makanan, protein, dan lainnya.

Melansir dari Boldsky, berikut ini beberapa manfaat kedelai bagi penderita diabetes. Yuk, simak baik-baik, ya!

Mengurangi kadar kolesterol

Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama bagi penderita diabetes. Kedelai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan mengatur sensitivitas insulin. 

Melindungi hati dan ginjal

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kedelai memiliki efek perlindungan pada hati dan ginjal. Serat kedelai enggak hanya membantu mengelola glukosadan menuruunkan kadar kolesterol, tapi juga melindungi hati dan ginjal serta meningkatkan fungsinya.

Mencegah hiperglikemia setelah makan

Penderita diabetes yang mengonsumsi kedelai dapat membantu mencegah hiperglikemia pasca-makan. Ini menunjukkan bahwa kedelai enggak meningkatkan kadar guladarah dalam tubuh saat dikonsumsi dan bisa menjadi bagian dari rencana makan diabetes.

Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi kedelai bagi penderita diabetes. Mau konsumsi enggak?