Menu

5 Trik Jitu Diet di Bulan Ramadan, Dijamin Miliki Tubuh Ideal Bakal Jadi Kenyataan

31 Maret 2022 10:58 WIB

Mengukur lingkar perut. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, memiliki tubuh ideal memang banyak diidam-idamkan oleh kaum wanita. Gak heran jika banyak wanita yang rela diet mati-matian untuk mewujudkan tubuh ideal tersebut.

Banyak berbagai macam cara yang kaum wanita lakukan untuk mengurangi berat badan. Mulai dari olahraga, mengurangi makan, hingga menjalankan puasa.

Sebentar lagi, bulan Ramadan akan tiba, umat muslim menyambutnya dengan sukacita. Tak terkecuali bagi para wanita yang ingin menjalankan program diet. Mereka antusias untuk menjadikan puasa sebagai ajang mengurangi berat badan mereka.

Namun, tahukah kamu Beauty, justru banyak sekali orang yang kurang memerhatikan asupan makanannya selama mereka berpuasa? Dan hal itulah yang justru membuat berat badan mereka bertambah di bulan Ramadan.

Diet saat puasa itu enggak bisa dilakukan sembarangan, Beauty. Ada beberapa trik jitunya lho, di antaranya:

1. Memperbanyak Konsumsi Serat dan Protein

Tips diet saat puasa yang pertama adalah mengutamakan makanan yang mengandung serat dan protein dibanding makanan berkalori tinggi. Ini karena makanan berserat tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama, sehingga kamu tidak mudah cepat lapar dan bisa tahan berpuasa sepanjang hari.

Makanan yang tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan, sehingga ketika waktu berbuka puasa tiba, kamu tidak kalap dan makan secara berlebihan.

2. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Kamu tetap membutuhkan asupan gula saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi. Ini karena berpuasa selama belasan jam dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun, sehingga kamu perlu mengembalikannya dengan makan-makanan atau minuman yang manis.

Namun ingat, batasi asupan gula yang kamu konsumsi. Terlalu banyak makan-makanan atau minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh dan kemudian menaikkan berat badanmu. Jadi, sebaiknya pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks untuk menambah energi setelah berpuasa, seperti buah, sayur, dan nasi merah.

3. Hindari Makan Berlebihan

Tips diet selama puasa selanjutnya adalah menghindari makan berlebihan. Meskipun kamu tidak makan dan minum seharian, bukan berarti kamu boleh “balas dendam” saat berbuka puasa. Makan dengan porsi berlebihan bisa meningkatkan gula secara drastis. Padahal, tubuh tidak memproduksi banyak insulin ketika kamu berpuasa. Kelebihan gula pun akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh.

Jadi, kamu tetap harus menjaga porsi makan saat sahur dan buka puasa. Supaya kamu tidak tergoda untuk makan berlebihan, cobalah menggunakan pikiran yang ukurannya lebih kecil untuk makan. Selain itu, kamu juga bisa sahur atau berbuka puasa dengan makanan yang bisa bikin cepat kenyang, seperti sup.

4. Hindari Makan Gorengan

Setelah menahan lapar seharian, gorengan adalah salah satu makanan yang tampak menggiurkan untuk disantap waktu berbuka puasa. Hati-hati, mengonsumsi makanan serba digoreng yang kaya dengan lemak jahat (lemak jenuh) di bulan puasa bisa membuat kamu mengalami kenaikan berat badan. 

Jadi, sebaiknya hindari gorengan dan makanan berlemak lainnya agar berat badan saat puasa bisa berkurang. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa, gantilah lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh yang lebih baik untuk kesehatan. Ini karena lemak tidak jenuh tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan lemak tidak jenuh dari alpukat, ikan, dan kacang-kacangan.

5. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Tips diet saat puasa yang lainnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhmu selama berpuasa dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Kamu bisa menggunakan rumus 2-2-2-2, yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah salat Tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

Menurut penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Ini baik untuk menurunkan berat badan, karena semakin cepat metabolisme tubuh kamu bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang bisa dibakar oleh tubuh.

Nah, di zaman yang serba canggih saat ini, diet di bulan puasa tentu sangat dimudahkan dengan hadirnya Samsung Galaxy Watch4. Pasalnya, jam tangan pintar andalan milenial ini memiliki beberapa fitur yang dapat mendukungmu mendapatkan berat badan ideal lho.

Fitur pertama adalah Body Composition. Fitur ini mampu mengukur indeks massa tubuh (BMI), tingkat metabolisme (BMR), kadar air dan lemak dalam tubuh, hingga massa otot dengan lebih cepat dan praktis.

Fitur Body Composition di Galaxy Watch4 series hadir berkat adanya measuring tool bernama Bioelectrical Impedance Analysis (BIA). Teknologi ini mampu menangkap 2.400 data points dan menampilkan hasil pengukurannya hanya dalam waktu sekitar 15 detik.

Kualitas pengukuran akan tetap dijaga karena fitur body composition di Galaxy Watch4 series mampu menunjukkan korelasi pengukuran sebesar 98 persen. Hal ini membuat teknologi BIA di Galaxy Watch4 series sama akuratnya dengan dual-energy x-ray absorptiometry (DXA) 4 sebagai standar utama pengukuran body composition yang telah dipercaya para ahli.

Sebagai hasilnya, dengan fitur Body Composition di Galaxy Watch4 Series, kamu bisa memaksimalkan program diet dan rutinitas olahraga dengan menyesuaikannya terhadap kebutuhan tubuh.

Dengan begitu, kita bisa menentukan fitness goal yang paling ideal sekaligus membuat kita bisa mendapatkan kondisi tubuh terbaik dalam menjalani keseharian.

Kemudian, hadir pula fitur Sweat Loss yang akan memberikan rekomendasi jumlah air yang perlu kamu minum untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik berdasarkan jumlah cairan tubuh yang hilang setelah berlari.

Lalu, ada Recovery Heart Rate yang akan mengawasi pemulihan detak jantung kamu selama dua menit setelah berolahraga, memastikan kamu untuk mengambil jeda atau istirahat dengan optimal. Masih banyak fitur-fitur unggulan dari pembaruan ini yang bisa kamu temukan pada Galaxy Watch4.

Galaxy Watch4 Series tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm. Hingga 31 Maret 2022, pembelian Galaxy Watch4 Classic di Samsung.com/id berkesempatan memperoleh cashback sebesar Rp200.000.

  • Galaxy Watch4 40mm dibanderol Rp2.999.000, opsi warna Black dan Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 44mm dibanderol Rp3.499.000, opsi warna Black, Silver, dan Green;
  • Galaxy Watch4 LTE 40mm dibanderol Rp 3.999.000, opsi warna Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 Classic 42mm Bluetooth dibanderol Rp4.499.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm Bluetooth dibanderol Rp4.999.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm LTE dibanderol Rp5.999.000, opsi warna Black.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Watch4 Series, silahkan kunjungi www.samsung.com/id/offer/galaxy-watch-buds/.

Artikel Pilihan