Menu

Diabetesi Merapat! Ini Kombinasi Menu Sahur Terbaik untuk Turunkan Gula Darah, Kata Ahli Gizi

04 April 2022 19:30 WIB

Ilustrasi yoghurt. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, ketika kita mencari makanan untuk membantu menurunkan gula darah, ada banyak kebiasaan sehat yang dapat kamu terapkan untuk menjaga kadar glukosa tetap stabil.

Tidur, olahraga, serta mengubah kebiasaan makan dan minum, semuanya memainkan peran besar. Bahkan ada kombinasi khusus yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kamu, bukan hanya jenis makanan tertentu.

Sebagai contoh, ahli medis Lisa Young, PhD, RDN, menyarankan bahwa kombinasi makanan kaya protein dengan karbohidrat sehat yang tinggi serat saat sahur atau sarapan jadi baik untuk membantu menurunkan gula darah.

Makanan sahur atau bahkan sarapan terbaik untuk diabetesi adalah makanan yang kaya protein termasuk yogurt, selai kacang, susu, atau telur, sedangkan karbohidrat berserat tinggi biasanya termasuk sereal gandum utuh, biskuit, roti panggang, dan buah-buahan atau sayuran. Young juga menyarankanmu untuk tidak takut menikmati karbohidrat sehat.

"Baik protein dan karbohidrat sehat dengan serat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil. Protein mencegah gula darah Anda naik. Kombonya juga mengenyangkan," kata Young, dikutip dari Eat This.

Menurut penelitian sebelumnya di Diabetes Care, makan protein dan sayuran sebelum karbohidrat dapat menurunkan kadar glukosa dan insulin setelah makan pada pasien obesitas dengan diabetes tipe 2.

Hasilnya menunjukkan bahwa kadar glukosa jauh lebih rendah ketika sayuran dan protein dimakan sebelum karbohidrat—hampir 37%.

Namun, kamu tetap dapat menggabungkan kedua kelompok makanan tersebut menjadi satu menu sahur atau sarapan Beauty, karena campuran karbohidrat dan protein masih berdampak positif pada gula darahmu.

Young telah memberikan beberapa saran kombinasi untuk menu sahur atau sarapan untuk membantumu memulai pagi dengan langkah yang benar, yakni dengan mengonsumsi beberapa makan sehat ini. Apa saja?

Yogurt

Ambil 6 ons yogurt Yunani rendah lemak, dan taburi dengan 2 sendok makan kenari yang dihancurkan dan 1 cangkir blueberry. Kamu juga dapat memakan bahan-bahannya secara terpisah jika diinginkan.

Telur dadar sayuran

Ambil dua butir telur dan bentuk menjadi telur dadar, isi dengan brokoli dan jamur. Pasangkan dengan sepotong roti panggang dan alpukat untuk membuat roti panggang alpukat.

Oatmeal apel

Tambahkan 1/2 cangkir oat potong baja mentah dan campur dengan 1 cangkir susu rendah lemak. Lanjutkan untuk menambahkan 1 hingga 2 sendok teh mentega almond, dan 1/2 cangkir irisan apel dan aduk.

Selamat mencobanya, Beauty!