Menu

Diet Sehat Saat Puasa, 5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Penderita Kolesterol

06 April 2022 15:40 WIB

ilustrasi sosis black pepper (Instagram/@dellasuzura)

HerStory, Medan —

Salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh penderita kolesterol adalah makanan. Di bulan Ramadan, jangan sampai kebablasan mengonsumsi segala makanan sebab dapat berdampak buruk khususnya bagi penderita kolesterol, yah.

Bukan hanya makanan yang tinggi lemak, makanan yang mengandung guga dan yang melalui berbagai proses memasak juga berbahaya sebab dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Lalu, makanan apa saja yang jadi pantangan bagi penderita kolesterol saat berbuka puasa? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Makanan yang mengandung lemak trans

Makanan pertama yang wajib dihindari adalah makanan yang mengandung lemak trans. Makanan ini dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam darah. 

Makanan yang mengandung jenis lemak ini harus dihindari oleh penderita kolesterol, karena akan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Beberapa contoh makanan dengan tinggi lemak trans antara lain adalah kue dan produk sejenis dalam kemasan, keripik kentang, biskuit, pie, cracker, popcorn, kue yang dibuat dengan mentega, dan makanan cepat saji yang digoreng.

2. Gorengan

Penderita kolesterol harus waspada sebab sebaiknya menghindari makanan yang digoreng saat berbuka puasa. Proses penggorengan akan menghilangkan air dan menyedot lemak yang menyebabkan kalori pada makanan menjadi lebih padat.

Kalori tersebut kemudian akan berubah menjadi lemak. Apalagi ada beberapa minyak yang digunakan untuk menggoreng mengandung lebih banyak lemak trans yang berbahaya bagi tubuh.

3. Makanan cepat saji

Banyak orang yang memilih makanan cepat saji untuk berbuka sebab proses pengolahannya gak lama. Padahal, makanan jenis ini adalah salah satu musuh bagi penderita kolesterol tinggi.

Proses pembuatan makanan cepat saji akan menghilangkan nutrisi penting bagi tubuh. Tak hanya itu, makanan jenis ini meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

4. Makanan dengan kadar gula tinggi

Berbuka dengan yang manis memang disarankan di bulan Ramadhan. Namun, bagi penderita kolesterol harus waspada sebab lebih baik menghindari makanan dengan kadar gula tinggi.

Makanan tinggi gula dapat menyebabkan pertambahan berat badan, memicu naiknya kolesterol, serta meningkatkan risiko diabetes. Gula yang dimaksud bukan nya berasal dari gula pasir, lho.

Cobalah untuk mengurangi asupan gula tambahan dalam bentuk sirup jagung, fruktosa, konsentrat, sukrosa, atau pemanis buatan.

5. Daging olahan

Siapa nih yang suka dengan produk daging olahan seperti sosis, nugget, kornet, bakso, dan lainnya? Ternyata kelompok makanan daging olahan tersebut sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol, lho.

Produk daging olahan telah melewati proses pengolahan yang diberi bahan tambahan lainnya. Mengonsumsi produk daging olahan secara berlebih akan meningkatkan terserang penyakit kronis.

Nah, itu dia beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol saat berbuka puasa. Sebaiknya perhatikan keseimbangan gizi dengan memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang cukup yah.