Menu

Pentingnya Minum Air Hangat Saat Sahur, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan Euy...

06 April 2022 17:40 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang minum air hangat. (Unsplash/engin akyurt)

HerStory, Jakarta —

Manfaat air putih sudah tak diragukan lagi. Ya, air putih dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah, terutama air hangat.

Kira-kira apa saja ya manfaat air putih hangat? Yuk Moms simak ulasan di bawah ini.

1. Dapat bantu redakan hidung yang tersumbat

Secangkir air panas akan menghasilkan uap, ketika kamu ingin meminumnya secara otomatis uap tersebut akan terhirup oleh dirimu. Dengan menghirup uap panas tersebut, dapat membantu untuk melonggarkan atau menghangatkan hidung yang tersumbat akibat pilek.

Bukan hanya itu, minum air hangat dapat melegakan sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir. Minuman panas atau hangat dapat membantu meredakan pilek, batuk, dan sakit tenggorokan dibandingkan dengan minuman yang memiliki suhu ruangan.

2. Melancarkan pencernaan

Minum air hangat sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan secangkir air panas atau hangat akan membantu melarutkan makanan di dalam perut yang sulit untuk dicerna.

Saat kamu meminumnya, air akan bergerak melalui perut, usus, kemudian membantu tubuh untuk membuang limbah sisa makanan. Selain itu, jika kamu memiliki masalah sembelit cobalah untuk meminum 1-2 gelas air hangat, karena dapat meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi gejala sembelit.

Ini karena air hangat dianggap mampu dapat melunakkan tinja dan mempermudah diri untuk mengeluarkannya.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Kelancaraan sirkulasi darah sangatlah mempengaruhi tubuh yang sehat, perlu dijaga agar tetap normal untuk mencegah diri dari tekanan darah yang tidak normal dan penyakit kardiovaskular.

Mandi dengan air hangat dapat melebarkan pembuluh arteri dan vena, sehingga alirah darah akan lebih lancar untuk mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Air hangat kemungkinan memiliki efek yang sama, namun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Selain itu minum air hangat atau mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rileks, sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

4. Membantu menurunkan berat badan

Minum segelas air hangat di pagi hari dapat meningkatkan suhu tubuh dan kemudian tingkat metabolisme yang kamu miliki akan meningkat. Sehingga pada aktivitas metabolisme tersebut memberikan tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori seharian.

Kamu dapat mencobanya dengan meminum segelas air hangat yang dicampur dengan rendaman lemon, dengan begitu tubuh akan memecah jaringan lemak. Campuran air hangat dan lemon akan mengontrol nafsu makan kamu, karena lemon mengandung serat berupa pektin.

5. Mendetoks tubuh

Minum air hangat dapat membantu ginjal untuk menyaring kotoran dan racun-racun lainnya di dalam darah. Menurut Arthritis Foundation, minum air sangat penting untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas, hal ini dapat membantu tubuh untuk melawan terjadinya peradangan, serta menjaga persendian agar tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.