Menu

Nggak Cuma Enak, Ternyata Khasiat Jengkol Luar Biasa! Pantes Banyak yang Suka

06 April 2022 19:40 WIB

Semur Jengkol (Instagram/resepupdatee)

HerStory, Jakarta —

Siapa nih yang hobinya makan jengkol? Yups, makanan satu ini memang digemari banyak orang meskipun baunya aduhai. Ternyata, selain rasanya enak, jengkol juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho Moms.

Penasaran apa saja manfaat jengkol? Yuk Moms cari tahu jawabannya.

1. Mencegah berbagai penyakit kronis  

Antioksidan yang terkandung banyak pada jengkol bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Jengkol memiliki antioksidan seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, hingga alkaloid. 

Radikal bebas sendiri dikenal sebagai pemicu munculnya berbagai penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular hingga kanker.

2. Mencegah penyakit diabetes

Penelitian pada tikus yang dipublikasikan Journal of The Science of Food and Agriculture munjukkan hasil bahwa, Jengkol mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Pada penelitian tersebut, peneliti mengaku melihat kelompok tikus yang makan jengkol memiliki kelenjar langerhans yang lebih aktif. Kelenjar langerhans sendiri berperan dalam menghasilkan hormon insulin dan berbagai hormon lainnya yang dapat mengatur gula darah dalam tubuh.

3. Mencegah sakit maag

Percobaan yang disebutkan pada Global Journal of Pharmacology mengungkapkan bahwa ekstrak jengkol juga mengandung manfaat untuk mencegah masalah lambung.

Studi yang dilakukan pada tikus ini menunjukkan hasil bahwa tikus yang diberikan ekstrak jengkol cenderung terlindung dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti maag.

4. Menjaga kesehatan ibu hamil

Jengkol memiliki kandungan fosfor yang dinilai baik untuk ibu hamil. Selain itu, fosfor juga berfungsi untuk pembekuan darah, fungsi ginjal, perbaikan jaringan dan sel, kontraksi otot dan irama jantung yang normal.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari fosfor ini, sebaiknya makan jengkol dengan porsi yang cukup.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.