Menu

Serba Serbi Meditasi, Bantu Ringankan Harimu yang Terasa Berat Beauty!

07 April 2022 11:28 WIB

Ilustrasi seorang wanita bermeditasi (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Meditasi merupakan salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran. Dengan melakukan meditasi, kamu bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif lho, Beauty.

Umumnya, orang-orang akan melakukan meditasi dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan secara teratur setidaknya selama 10-20 menit. 

Kendati demikian, sebenarnya meditasi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Misalnya, saat kamu menunggu bus datang, istirahat di sela waktu kerja, dan bahkan di tengah kemacetan lalu lintas.

Manfaat Meditasi

Ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika melakukan meditasi. Berbagai riset sejauh ini telah membuktikan bahwa meditasi dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan juga kesehatan mental maupun fisik, di antaranya:

- Mencegah dan meringankan stres, depresi, dan kecemasan

- Mengatur emosi dan melatih pikiran positif

- Mengurangi rasa nyeri

- Mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap normal

- Membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan membantu mengatasi insomnia

- Meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan mencegah pikun

- Memperkuat daya tahan tubuh

Jika kamu rutin melakukan meditasi di saat hari terasa berat, kamu dapat membuktikan manfaatnya dengan menggunakan fitur andalan dari Samsung Galaxy Watch4, Samsung BioActive Sensor.

Di seri terbarunya kini, bentuknya lebih kecil dan ringkas dengan sensor 3-in-1 yang bekerja lebih baik dalam mendeteksi tiga hal, yakni Optical Heart Rate, Electrical Heart, dan juga Bioelectrical Impedance Analysis.

Beauty, fitur andalan Samsung Galaxy Watch4 ini sangat membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan lho.

Kamu juga dapat memantau kesehatan dengan lebih lengkap, mulai dari pengecekan detak jantung, tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, elektrokardiogram (EKG), dan juga dapat memantau komposisi tubuh seperti kadar air hingga lemak tubuh.

Tak hanya sampai di situ saja, Galaxy Watch4 juga memiliki fitur canggih lainnya, yakni Body Composition Target. Dengan hadirnya fitur ini, selama bulan Ramadan, kita juga bisa mengatur target dari berbagai elemen komposisi tubuh lho Beauty, mulai dari berat badan, dan juga kadar lemak dalam tubuh.

Seperti yang disebutkan di atas, meditasi memiliki manfaat membuat tidur lebih nyenyak. Manfaat itu juga bisa kamu buktikan dengan Samsung Galaxy Watch4 lho. Seberapa berpengaruhnya sih meditasi dengan kualitas tidur?

Sesuai dengan tagline #turnonthebestyou, jam tangan pintar ini akan memberikan pemahaman lengkap mengenai kualitas tidur dan menyempurnakan gaya hidup sehat pengguna.

Fungsi andalan Sleep Analysis seperti data pola bernapas, pola dengkuran, hingga kadar oksigen saat tidur, membantu menilai seberapa baik kualitas tidur kita lho Beauty. Dengan data-data tersebut, kita bisa mendapatkan insights untuk menciptakan tidur yang baik, lebih nyenyak, dan cukup, serta teratur.

Beragam Jenis dan Proses Meditasi

Ada banyak jenis dan teknik relaksasi dalam meditasi, seperti yoga, meditasi transedental, Tai chi, dan Qi gong. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mencapai kedamaian dan ketenangan diri.

1. Memfokuskan pikiran

Pikiran yang fokus dan tenang merupakan unsur meditasi yang paling penting, karena cara ini dapat membantu menjernihkan pikiran dari banyaknya gangguan yang memicu stres, kecemasan, dan kekhawatiran.

2. Bernapas secara perlahan

Pernapasan yang pelan dan dalam bisa meningkatkan oksigen yang terhirup ke dalam paru-paru, sehingga jumlah oksigen di dalam darah dan seluruh tubuh pun bertambah. Ini bisa membuat tubuh kamu terasa lebih nyaman saat meditasi. Oksigen yang tercukupi pun bisa membuat otak lebih mudah fokus dan konsentrasi.

3. Melakukan di tempat tenang

Jika kamu belum terbiasa bermeditasi, cobalah mulai melakukannya di tempat yang tenang dan bebas dari hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan, seperti dering telepon genggam, bunyi TV, atau bunyi kendaraan. Setelah terbiasa melakukannya di tempat tenang, kamu bisa membiasakan diri bermeditasi di tempat yang ramai.

Ketenangan memang salah satu elemen penting dalam bermeditasi. Kamu dapat mengatur pikiran dan mengabaikan suara-suara bising di sekitar. Jika kamu bermeditasi sambil mendengarkan musik yang membuat hati tenang lebih bagus lagi lho, Beauty. Kamu dapat mudah berkonsentrasi.

Mendengarkan musik dengan Samsung Galaxy Buds2 bisa membuat meditasi kamu tetap nyaman, namun, kamu juga tetap bisa mendengar suara di sekitar dengan suara yang lebih ramah di telinga. Pasalnya, Samsung Galaxy Buds2 ini memiliki fitur Ambient Mode.

Fitur ini akan menyaring suara dari luar sehingga kamu dapat mendengar suara penting dan tetap waspada terhadap lingkungan sekitar.

Dengan mengaktifkan Ambient Mode, kamu tetap bisa menyesuaikan volume musik dengan menyentuh mikrofon lho.

Ambient mode ini hanya tersedia saat Buds terhubung ke aplikasi Galaxy Wearable. Caranya mudah kok, pertama, masukkan kedua earbud ke telinga kamu, kemudian, buka aplikasi Galaxy Wearable, dan ketuk "Ambient Mode". Namun, kamu juga dapat menonaktifkannya dengan cara mengetuk "off".

4. Memosisikan tubuh dengan nyaman

Agar manfaat meditasi terasa maksimal, penting untuk melakukannya dengan posisi yang nyaman, baik itu saat duduk, berbaring, atau bahkan berjalan. Posisi nyaman ini juga sangat membantu menjaga postur tubuh Anda tetap baik selama meditasi.