Menu

Gak Selalu Sehat, 3 Sayuran Ini 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes, Gula Darah Langsung Naik!

19 April 2022 09:00 WIB

Ilustrasi jagung rebus (Pixabay/ulleo)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah perlu mendapatkan penanganan yang serius supaya enggak muncul komplikasi berbahaya.

Untuk mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan yang bisa memicu lonjakan gula darah.

Rupanya, ada beberapa sayuran yang bisa membuat kadar gula darah naik. Sudah tahu belum sayuran apa saja yang harus dihindari penderita diabetes?

Melansir dari berbagai sumber (19/4/2022), berikut ini beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari si diabetesi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Jagung

Jagung adalah salah satu sayuran yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Jagung memang mengandung banyak zat gizi karbohidrat, tapi enggak diimbangi dengan serat yang tinggi.

Padahal, serat mampu memperlambat penyerapan gula dari makanan dan membantu mengontrol kadar gula darah penderita diabetes. Jagung yang diolah dengan cara tertentu juga memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Kentang

Kentang enggak selalu baik untuk penderita diabetes. Kentang mentah sebenarnya memiliki indeks glikemik rendah, tapi kalau direbus, kentang memiliki indeks glikemik tinggi.

Meskipun kentang memiliki banyak nutrisi, tapi kentang menjadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Kacang polong

Kacang polong juga harus dihindari oleh penderita diabetes. Pasalnya, kacang polong mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, apalagi kacang polong yang sudah diolah dalam kaleng.

Produk tersebut umumnya mengandung tinggi garam atau natrium, sehingga asupan garam berlebih bisa menyebabkan hipertensi dan meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Nah, itulah beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes supaya kadar gula darah tetap aman terkendali.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita