Menu

Ibu Hamil Dilarang Konsumsi 4 Makanan Ini Demi Jabang Bayi, Bahaya!

20 April 2022 15:03 WIB

Illustrasi Ibu Hamil Buka Puasa (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Saat hamil, tubuh perempuan akan lebih sensitif terhadap rasa sebuah makanan. Bahkan, ibu hamil juga biasanya jadi enggan makan makanan tertentu karena nggak suka.

Meski begitu, memang ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh para calon ibu. Berikut ini empat makanan yang sebaiknya tak dimakan selama masa kehamilan.

1. Ikan mentah

Bagi penggemar sushi hal ini mungkin kabar buruk. Pasalnya, ikan mentah dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko ibu dan bayi terinfeksi bakteri dan parasit, seperti salmonella.

Oleh karena itu, kamu harus sabar menunggu sampai usai melahirkan untuk bisa menikmati sushi favoritmu.

2. Daging mentah

Alasan utama ibu hamil tak boleh makan daging mentah adalah tingginya risiko infeksi dari bakteri dan parasit.

Namun, ada beberapa bagian daging yang bisa dimakan tanpa harus matang secara menyeluruh, seperti tenderloin, sirloin, dan rib eye.

3. Alkohol

Perempuan hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol. Pasalnya, alkohol dapat menyebabkan keguguran. Jumlah alkohol yang sedikit bahkan bisa mengurangi perkembangan otak sang calon anak.

4. Kafein

Kafein adalah salah satu bahan yang kerap dikonsumsi secara harian oleh semua orang. Kandungan kafein bisa kalian temukan pada kopi, teh, soda, hingga coklat.

Ibu hamil hanya diperbolehkan mengkonsumsi kafein sebanyak 200 miligram per hari. Pasalnya, kafein dapat diserap plasenta dengan cepat. Namun, bayi dalam kandungan belum bisa menghasilkan enzim untuk mengolah kafein.

Lihat Sumber Artikel di Populis

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.