Menu

Gak Cuma Buahnya, Daun Alpukat Juga Memiliki Manfaat yang Luar Biasa, Cocok untuk Kamu yang Sering Sakit Pinggang!

21 April 2022 15:40 WIB

Daun alpukat. (Pixabay/Alanyadk)

HerStory, Jakarta —

Manfaat buah alpukat sudah tak diragukan lagi. Namun, ternyata tak hanya buahnya saja, daun alpukat juga banyak digunakan untuk herbal mengobati penyakit dalam yang telah kronis.

Tak bisa disepelekan, daun alpukat dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti:

1. Sakit pinggang

Sakit pinggang dapat terjadi karena beberapa masalah, seperti tekanan dari suatu benda, terkilir dan juga postur tubuh yang salah. 

Sakit pinggang yang berlanjut jika tidak diobati, maka akan menyebabkan lumpuh total.  Manfaat rebusan dari daun alpukat yang lainnya adalah untuk mengobati sakit pinggang.

2. Saluran pernapasan

Infeksi pada saluran pernafasan yang biasanya menyerang hidung, faring yang disertai dengan demam dan kondisi tubuh yang melemah. Rebusan dari daun alpukat dapat membantu meringankan dan mengobati penyakit saluran pernapasan.

3. Haid nggak teratur

Haid merupakan perubahan fisiologi pada tubuh wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Haid datang pada wanita secara normal satu bulan sekali, maka jika haid tidak teratur biasanya ada masalah.

Kondisi dari dalam bisa disebabkan karena stres yang terjadi. Haid yang tidak teratur datang setiap bulannya dapat diobati agar lancar dengan meminum manfaat rebusan daun alpukat. 

Rebusan daun alpukat sangat bermanfaat untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

4. Mengobati batu ginjal

Jangan pernah anggap sepele penyakit batu ginjal. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, batu ginjal akan membesar ukurannya. Akibatnya, bisa menimbulkan komplikasi untuk organ dalam lainnya.

Rebusan daun alpukat dipercaya sejak dahulu untuk mengobati batu ginjal. Ini karena kandungan zat yang bernama alkoloid, yang berfungsi untuk meluruhkan secara bertahap batu ginjal yang ada. 

Kandungan zat tersbut juga dapat meningkatkan kinerja dari ginjal.

5. Sakit kepala

Sakit kepala dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah tekanan darah tinggi. 

Jika kamu ingin mencoba ramuan herbal, maka rebusan dari daun alpukat dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala.

6. Hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat diobati dengan rutin sebanyak satu gelas per hari meminum rebusan daun alpukat.

Caranya pilih daun alpukat yang segar, kemudian rebus dengan air hingga mendidih.  Setelah dingin baru dapat untuk diminum. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dan merokok.

Artikel Pilihan