Menu

Enak dan Murah! 5 Makanan Ini Bantu Kendalikan Kolesterol Tinggi

21 April 2022 20:00 WIB

Woman eating salad (Woman Fitness/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Gaya hidup yang nggak sehat, seperti makan di luar terlalu sering, tidak berolahraga, mengonsumsi makanan kaya lemak secara berlebihan, bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap kadar kolesterol tinggi.

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Oleh karenanya penting untuk mengendalikan kolesterol dengan asupan makanan sehat dan bergizi. Berikut beberapa makanan sehat yang bisa membantumu mengendalikan kolesterol tinggi, seperti:

1. Almond 

Almond dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Lemak tak jenuh ganda dan serat yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan LDL. 

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi almond setiap hari akan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 3 hingga 19 persen. Anda bisa menambahkannya ke dalam salad dan oatmeal.

2. Kedelai 

Orang yang menderita kolesterol tinggi dapat menambahkan kedelai ke dalam makanan mereka, karena kaya akan protein nabati. Ini mengandung lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat tingkat tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. 

Makan 1 hingga 2 porsi kedelai setiap hari dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung koroner. Kacang polong seperti buncis dan lentil juga baik untuk kolesterol.

3. Bawang Putih 

Bumbu dapur seperti bawang putih dapat menurunkan kolesterol. Mengonsumsi bawang putih setiap hari selama dua bulan akan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Konsumsi ½ hingga 1 siung bawang putih setiap hari. Anda bisa menambahkannya ke kari, tumis sayuran atau sup. Namun, suplemen bawang putih harus dihindari sebelum operasi dan tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

4. Kemangi 

Kemangi biasa disebut memiliki segudang khasiat obat, di antaranya adalah antioksidan, antiradang, antidiabetes, dan anticarcinogenic antihiperkolesterolemia, dan sebagainya. 

Kemangi juga bisa mencegah aterosklerosis di pembuluh darah, yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Minum teh dari ekstra kemangi setiap hari atau kunyah beberapa daun tulsi bisa Anda rasakan khasiatnya.

5. Anggur

Orang yang menderita kadar kolesterol tinggi bisa mengonsumsi anggur. Buah tersebut mengandung serat larut dan kaya akan pektin yang merupakan komponen penurun kolesterol. 

Mengonsumsi buah beri atau anggur juga merupakan cara yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

6. Alpukat 

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik. Alpukat kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral. 

Buah ini juga mengandung sterol dengan sifat penurun kolesterol. Tambahkan setengah buah alpukat ke dalam salad, panggang atau makan buahnya begitu saja.