Menu

Merapat Beauty! Ini Dia 6 Makanan Bantu Cegah Kanker Serviks, Apa Saja Ya?

22 April 2022 08:55 WIB

Ilustrasi seorang dokter sedang menjelaskan mengenai kanker serviks. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kanker serviks menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. Pasalnya, kanker ini menjadi salah satu kanker yang banyak menyerang wanita. Kanker serviks terjadi pada sel-sel leher rahim bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina.

Penyakit ini sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). Saat terkena virus ini, sistem kekebalan tubuh biasanya mencegah virus agar nggak membahayakan.

Namun, pada sebagian kecil, viirus ini bertahan selama bertahun-tahun, berkontribusi pada proses yang menyebabkan menjadi sel kanker. Lantas, apa saja risiko yang bisa menyebabkan wanita terpapar HPV?

  • Memulai aktivitas seksual pada usia muda (kurang dari 20 tahun)
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Riwayat infeksi di daerah kelamin atau radang panggul
  • Wanita perokok dan perokok pasif. Wanita perokok berisiko 2,5 tahun kali lebih besar terkena kanker serviks. Sedangkan perokok pasif berisiko 1,4 kali lebih besar.

Berikut makanan dan nutrisi yang bisa membantumu mencegah kanker serviks, antara lain:

1. Vitamin 

Vitamin A, C, dan E mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakn akibat radikal bebas. Secara nggak langsung ini bisa mencegah kanker serviks. Selain ketiga vitamin tersebut, kalsium dan asam folat juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi infeksi.

Beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, jeruk, wortel, telur, hati, tuna, dan produk susu lainnya.

2. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai sumber antioksidan  yang baik. Karena itulah alpukat mampu mencegah radikal bebas, sehingga mengonsumsi alpukat bisa membantu mencegah pertumbuhan kanker serviks.

3. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks. Selain wortel, makanan seperti cabai diduga mampu menetralisir nitrosamin yang menyebabkan kanker serviks.

Artikel Pilihan