Menu

5 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi Ini Kerap Intai Wanita, Jangan Abai Kalau Mau Umur Panjang Ya!

25 April 2022 15:05 WIB

Ilustrasi menjaga kolesterol (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kolesterol adalah salah satu hal yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik, tetapi jika terlalu banyak, maka dapat menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya.

Dan kamu wajib waspada Beauty, kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang lazim dialami wanita. Meski begitu, nyatanya banyak wanita yang berisiko memiliki kolesterol tinggi tapi tak menyadarinya. 

Nah kamu mesti tahu Beauty, ukuran kolesterol total yang tergolong normal adalah kurang dari 200 mg/dL, sedangkan ambang batas tinggi 200 hingga 239 mg/dL, dan kategori tinggi 240 mg/dL atau lebih.  

Dan dikutip dari Cleveland Clinic, berikut 5 penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita. Apa saja?

1. Stroke

Salah satu penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita yang wajib kamu waspadai adalah stroke, Beauty. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah. Selain itu, stroke juga dapat terjadi apabila suplai darah ke otak berkurang.

Ketika stroke terjadi, bagian otak tidak bisa mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkan sehingga mengganggu fungsi otak.

2. Penyakit Arteri Perifer (PAP)

Berikutnya, oenyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita juga bisa dikaitkan dengan penyakit arteri perifer atau disebut PAP.

Adapun, kondisi ini terjadi akibat timbunan lemak yang menumpuk di sepanjang dinding arteri dan mempengaruhi sirkulasi darah, terutama arteri yang mengarah ke kaki.

3. Diabetes Tipe 2

Selanjutnya, yang meski kamu waspadai adalah diabetes tipe 2, Beauty. Penyakit merupakan penyakit yang masih berhubungan dengan kolesterol tinggi, bahkan dapat mempengaruhi kadar kolesterol yang berbeda.

Jika kontrol gula darah dalam keadaan baik, pengidap diabetes cenderung mengalami peningkatan trigliserida, penurunan HDL, dan peningkatan LDL. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan potensi terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah).

4. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita. Ketika arteri mengeras dan menyempit akibat plak kolesterol dan kalsium, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan tidak normal.

5. Penyakit Jantung Koroner

Terakhir, penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita adalah penyakit jantung koroner, Beauty. Kadar kolesterol darah selalu berhubungan dengan peluang terkena penyakit jantung.

Jika seseorang mengalami kolesterol terlalu tinggi, lemak dapat menumpuk di dinding arteri atau disebut aterosklerosis.

Kondisi ini menyebabkan arteri menyempit sehingga menghambat aliran darah ke jantung. Karena itu, seseorang sangat berisiko tinggi mengidap angina (nyeri dada) dan serangan jantung.

Jaga selalu kesehatanmu, ya Beauty!