Menu

5 Buah Ini Nggak Boleh Dibuat Jus, Bisa Bahaya Moms! Ngeri

26 April 2022 17:05 WIB

Jus Buah. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, nggak semua buah bisa dibuat jus lho. Pasalnya, ada kansungan di dalam buah-buahan tersebut yang justru akan hancur saat dibelender. Kira-kira buah apa saja yang berbahaya dibuat jus?

Simak yuk ulasan di bawah ini!

1. Apel

Apel masuk deretan buah yang tidak boleh dibuat jus. Jika dibuat jus menggunakan juicer, daging buah apel yang mengandung serat akan terbuang. Kamu tidak mendapatkan nutrisinya secara utuh.

Sementara bila dibuat jus dengan blender, kemungkinan besar bijinya ikut dihaluskan. Perlu kamu ketahui bahwa biji apel, apalagi yang masih mentah mengandung amygdalin. Amygdalin bila dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan.

2. Pir

Pir diketahui mengandung sorbitol, yakni gula yang lambat untuk dicerna tubuh dan dapat merangsang pergerakan usus.

Pada orang yang sembelit, jus ini mungkin membawa manfaat. Namun, pada orang yang sedang diare, jus ini bisa memperparah gejalanya.

3. Jeruk

Jeruk juga masuk dalam daftar buah yang sebaiknya tidak kamu buat menjadi jus. Apalagi jika kamu blender bersamaan dengan kulitnya. Kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat mengiritasi sistem pencernaan sehingga menimbulkan masalah pencernaan, seperti sakit perut.

Buah ini kurang tepat kamu buat jus dengan juicer karena akan mengurangi kadar seratnya. Untuk mendapatkan nutrisi seutuhnya, akan lebih baik jika jeruk dikonsumsi langsung.

4. Pisang

Pisang juga tidak bisa dijadikan jus dengan juicer. Alasannya, karena buah ini cukup padat sehingga tidak akan memberikan banyak air.

Buah ini lebih baik kamu jadikan smoothies ketimbang jus. Tambahkan bahan lain, seperti yogurt, jeruk, madu, atau susu almond agar rasanya jadi lebih nikmat.

5. Nanas

Nanas termasuk buah yang banyak air sehingga mudah untuk diolah menjadi segelas jus.

Sayangnya, membuat jus dari nanas menggunakan juicer tidak membuat kamu mendapatkan nutrisi buah secara menyeluruh. Jadi, cara terbaik untuk mendapatkan buah ini, yakni dimakan langsung.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari