Menu

Waspada, Kadar Gula Bisa Meroket Setelah Buka Puasa, Cegah dengan 4 Cara Ini Ya!

27 April 2022 15:05 WIB

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kadar gula darah dapat berubah sepanjang hari, tak terkecuali selang berbuka puasa. Karenanya, penting buat kamu untuk terus menjaganya agar tetap normal.

Perlu kamu tahu, berdasarkan National Institute for Clinical Excellence (NICE), kadar gula sebelum makan harus 4,0 hingga 5,9 mmol/L. Tetapi kisaran ini berbeda pada penderita diabates, yang bisa mencapai 4 hingga 7 mmol/L.

Nah, bagi orang tanpa menderita diabetes, kadar gula setelah makan harus di bawah 7,8 mmol/L, sementara penderita diabetes tipe 2 harus di bawah 8,5 mmol/L dan untuk penderita diabetes tipe 1 harus 5 sampai 9 mmol/L.

Tetapi, jika kamu bukan penderita diabetes dan kadarnya gula darah berada dalam kisaran tinggi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkannya. Apa saja?

Dikutip dari The Sun, simak ulasannya berikut ini.

1. Berjalan-jalan

Terapis nutrisi di Opttibac Probiotics, Kerry Beeson, menuturkan bahwa cara sederhana dan gratis untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan berjalan-jalan.

Ya, menggerakkan otot dapat merangsang penyerapan glukosa dari aliran darah. Pada akhirnya akan menurunkan kadarnya.

“Cobalah berjalan kaki seusai makan untuk mencegah lonjakan gula darah yang sering dialami setelah makan," katar Beeson.

2. Jus buah delima

Sebuah riset juga mengungkapkan bahwa minum jus delima dapat menurunkan kadar gula darah dalam 15 menit. Tertarik mencobanya?

3. Yoga

Nah, buat kamu yang gak suka berjalan-jalan, kamu bisa melakukan yoga, lho Beauty! Ya, ternyata yoga terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.

"Ada hubungan yang rumit antara stres dan gula darah. Tetapi berlatih meditasi dan memerhatikan menu makan telah terbukti dapat menjaga keseimbangan gula darah dalam beberapa penelitian," kata Beeson.

4. Batasi asupan gula

Banyak makanan yang sebenarnya tinggi gula tanpa kita sadari. Ahli gizi Dr Carrie Ruxton mengatakan bahwa kita dapat mengelola gula darah dengan membatasi karbohidrat cepat serap seperti minuman manis, nasi putih, gula buatan, dan roti putih.

Alih-alih makan makanan tersebut, saat berbuka cobalah mengonsumsi lebih banyak protein atau makanan kaya serat untuk memperlambat laju penyerapan karbohidrat dalam tubuh, ya!

Semoga informasinya bermanfaat!