Menu

Mau Bikin Gula Darah Ambrol? Gampang, Ubah Saja 3 Kebiasaan Ini!

27 April 2022 15:30 WIB

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Diabetes yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah memang bisa diderita siapa saja dan harus mendapatkan penanganan yang serius supaya enggak menimbulkan koomplikasi kesehatan yang berbahaya.

Untuk itu, para penderita diabetes harus mencari cara agar kadar gula darah tetap terkontrol dan aman terkendali. Sudah tahu caranya?

Melansir dari laman Healthline, berikut ini beberapaa kebiasaan yang perlu diubah karena bisa memengaruhi kadar gula darah. Yuk, simak baik-baik, ya!

Tidur

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dikaitkan dengan kontrol gula darah yang buruk. 

Kualitas tidur sama pentingnya dengan kuantitas. Sebuah penelitian menemukan tingkat tidur terlama menjadi yang paling penting dalam hal mengendalikan gula darah.

Stres

Stres telah terbukti dapat memengaruhi kadar gula darah. Saat tingkat stres naik, tubuh akan melepaskan hormon tertentu.

Mengatasi stres dengan baik terbukti dapat bermanfaat bagi gula darah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres adalah latihan yoga.

Alkohol

Minuman beralkohol sering mengandung banyak gula tambahan. Gula dalam minuman beralkohol akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Minum alkohol berlebihan juga bisa menurunkan efektivitas insulin yang menyebabkan gula darah tinggi dan akhirnya memicu diabetes tipe 2.

Nah, itulah tiga kebiasaan yang perlu diubah untuk mengontrol kadar gula darah. Semoga bermanfaat!