Menu

4 Makanan Ini Sangat Dilarang Dikonsumsi Bersamaan dengan Telur, Bisa Mengancam Nyawa!

13 Mei 2022 21:00 WIB

Telur. (Unsplash/Louis Hansel)

HerStory, Jakarta —

Telur termasuk bahan makanan yang sebaguna, gampang diolah, dan bercita rasa lezat sehingga siapa pun akan menyukai bahan makanan yang satu ini. Bukan hanya itu, telur juga disebut sebagai superfood yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Biasanya, telur diolah dengan dicampur dengan beragam makanan. Tapi, tahu enggak sih Moms, ternyata ada beberapa makanan yang enggak bisa sembarangan dikonsumsi bersamaan dengan telur.

Mengejutkannya, bila nekat mengonsumsi telur dengan makanan-makanan tertentu bisa mengandung racun dan tentu membahayakan keselamatan jiwa.

Penasaran bahan makanan apa saja yang sebaiknya enggak dimakan berbarengan dengan telur? Mengutip dari laman sindikasi GenPi.co, berikut empat di antaranya.

1. Daging kelinci

Mengonsumsi daging kelinci bersamaan dengan telur harus hindari, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. 

Daging kelinci bersifat panas dan memiliki rasa manis alami dalam dagingnya. Sementara, telur bersifat dingin dan memiliki rasa yang hambar. 

Maka dari itu, sifat yang berlawanan tersebut dapat menghambat proses pencernaan di dalam perut.

2. Buah Kesemek

Telur biasanya disajikan bersamaan dengan potongan buah kesemek untuk dibuat salad buah.

Namun, mengombinasikan buah kesemek dan telur merupakan suatu kesalahan besar. 

Mengonsumsi telur dan kesemek bisa menyebabkan keracunan yang ditandai dengan inflamasi usus.

Sebab, buah kesemek dan telur akan membuat usus dan lambung mudah mendorong semua makanan yang masuk, sehingga menyebabkan mual dan muntah.

3. Daging Kura-kura

Mengonsumsi daging kura-kura bersamaan dengan telur dapat menghasilkan toksin dalam tubuh. Daging kura-kura memiliki tekstur yang kasar sulit dicerna oleh usus. 

Jika daging kura-kura dimakan bersamaan dengan telur, maka perlu beberapa hari untuk usus mencerna daging kura-kura.

4. Teh

Teh dan telur merupakan kombinasi menu yang pas untuk sarapan. Namun mengonsumsi the dan telur secara bersamaan dapat menghambat proses pencernaan. 

Sebab, teh mengandung tanin yang bisa menyatu dengan protein dalam telur dan membentuk sedimen. Jika masuk ke dalam tubuh, sedimen tersebut akan sulit dicerna dan menjadi racun dalam tubuh.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.