Menu

Jangan Takut Gemuk, Ini Tips Jitu Biar Badan Gak Makin Lebar Usai Lebaran, Catat Ya!

03 Mei 2022 10:20 WIB

Ilustrasi berat badan belum turun setelah melahirkan. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Saat Hari Raya Idulfitri atau hari lebaran tentu banyak santapan makanan yang menggugah selera. mulai dari ketupat, opor ayam, semur, hingga rendang.

Makanya, enggak sedikit orang yang takut berat badannya naik setelah lebaran karena banyak menyantap hidangan lebaran yang lezat.

Melansir Antara, hal tersebut ternyata normal terjadi. Kondisi tersebut dikonfirmasi dalam penelitian oleh Syam, dkk yang diterbitkan dalam Int J Endocrinol Metab pada 2016.

Selama berpuasa Ramadan, beberapa orang mengalami penurunan berat badan yang bermakna. Massa lemak tubuh mereka juga akan menurun secara bermakna. Namun, 4-5 minggu setelah Ramadan, berat badan dan komposisi tubuh akan kembali seperti semula.

Meskipun begitu, Dokter Spesialis Gizi Klinik Juwalita Surapsari dari IDI menegaskan kamu boleh menikmati hidangan khas Lebaran. Setelah dua hari, kamu harus langsung kembali kepada pola makan sehat.

“Makan berlebih selama dua hari enggak akan menyebabkan berat badan kamu naik secara drastis,” ujarnya.

Juwalita mengatakan, setelah Lebaran, kembalilah ke diet gizi seimbang dan penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup.

Selain itu, Juwalita mengingatkan jangan pernah meninggalkan olahraga. Usahakan untuk selalu berolahraga teratur apabila rangkaian acara Hari Raya sudah selesai.

Misalnya, melakukan jogging di sore hari, jalan cepat, bersepeda, atau sekadar berolahraga di rumah dengan mengikuti panduan video.

Lebih lanjut, Juwalita mengingatkan untuk istiraha yang cukup secara teratur agar metabolisme tubuh terjaga.

“Setidaknya tidur selama 7-9 jam dalam semalam,” tuturnya. 

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita