Menu

Jangan Heran, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Usai Lebaran, Segera Ubah Pola Makan Kalau Mau Umur Panjang!

04 Mei 2022 15:15 WIB

Sayut Ketupat (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, saat Lebaran Idulfitri, kita pasti akan disuguhkan dengan makanan dan minuman yang manis, serta hidangan penuh cita rasa. Tak heran jika gula darah hingga berat badan naik usai Lebaran.

Berbagai kuliner lezat saat Lebaran bisa membuat nafsu makan tak terbendung. Taoi, hati-hati ada beberapa kondisi kesehatan yang mengincar lho.

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI-Jakarta (PDGKI-Jaya) dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes (K), FINEM., pun menuturkan, setidaknya ada 5 kondisi kesehatan yang bisa muncul usai Lebaran.

Kondisi kesehatan ini muncul akibat nafsu makan yang tak bisa dikendalikan setelah selesai berpuasa. Apa saja? Berikut rinciannya, Beauty!

1. Gula darah meningkat

Saat Lebaran banyak kue manis yang mengandung gula. Makanan tersebut boleh dikonsumsi asal tak berlebihan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah mengingatkan untuk mengendalikan diri selepas puasa ketika melihat deretan kue-kue manis yang menggiurkan. Hal itu karena kue-kue tersebut berpotensi meningkatkan gula darah.

2. Asam urat naik

Aneka menu berisi daging jeroan dan kaldu gurih biasanya jadi sajian nikmat saat Lebaran. Apalagi ditambah dengan emping melinjo, rasanya tambah menggoyang lidah.

Tapi makanlah secukupnya, jangan berlebihan. Makanan lezat tersebut bisa berpotensi untuk membuat asam urat naik.

3. Kolestrol dan lemak darah meningkat

Lebaran identik dengan sajian serba daging, santan, gorengan dan hidangan-hidangan creamy. Konsumsilah makanan tersebut secukupnya. Jangan berlebihan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh. Karena dapat meningkatkan kadar kolestrol dan lemak darah.

4. Berat badan naik

Ini ancaman yang sangat besar. Biasanya saat bulan puasa, waktu makan sudah sangat teratur. Hanya makan setelah matahari terbenam hingga sebelum azan subuh.

Saat Idulfitri tiba, orang bisa makan sepuasnya tanpa ada aturan waktu. Jika hal itu dituruti maka berat badan akan naik drastis. Apalagi makanan yang dikonsumsi jumlah kalorinya berlebihan. Untuk mengatasinya sebaiknya jaga pola maka yang teratur.

5. Gangguan pencernaan

Makanan pedas atau santan yang berebihan tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Termasuk juga makanan yang mengandung asam, minyak dan gula berlebihan juga tidak baik untuk penceraan.

Apalagi bila dalam hidangan yang disantap jumlah seratnya tidak mumpuni, Siap-siaplah kamu bisa kena gangguan pencernaan, Beauty!

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.