Menu

Badan Terasa Pegal dan Nyeri saat Bangun Tidur? Waspada, Ini 3 Penyebabnya...

09 Mei 2022 07:15 WIB

Ilustrasi wanita bangun di pagi hari (Daily Mail/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Badan yang terasa pegal-pegal atau nyeri setelah bangun tidur sering dikeluhkan banyak orang. Penyebabkan juga bisa bisa bermacam-macam, lho.

Badan pegal-pegal biasanya dihubungkan dengan rasa lelah yang muncul setelah beraktivitas. Namun, ada juga kondisi lain yang bisa menjadi penyebab badan pegal-pegal saat bangun tidur.

Melansir dari berbagai sumber (9/5/2022), berikut ini beberapa penyebab badan terasa pegal dan nyeri saat bangun tidur. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Infeksi virus

Infeksi virus seperti influenza, lyme, pneumonia, Covid-19, dan lainnya bisa menyebabkan kamu bangun tidur dengan kondisi badan terasa sakit.

Ketika terinfeksi virus, tubuh akan mengalami peradangan dan memicu nyeri. Rasa nyeri dari sumber infeksi terkadang menjalar ke berbagai bagian tubuh.

Penyakit radang sendi

Penyakit artritis atau penyakit radang sendi juga bisa menjadi alasan mengapa setiap bangun tidur badan terasa nyeri dan pegal-pegal.

Kondisi badan terasa sakit saat bangun tidur ini bisa disebabkan oleh infeksi pada sendi hingga penyakit autoimun yang menyerang sendi.

Kekurangan vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kadar kalsium dalam darah rendah. Hal ini bisa mengganggu kesehatan ginjal, otot, dan tulang.

Makanya, salah satu gejala kekurangan vitamin D adalah seluruh badan terasa sakit termasuk pada saat bangun tidur.

Nah, itulah beberapa penyebab badan pegal-pegal dan sakit saat bangun tidur. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita